Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 8 May 2023 07:53 WIB ·

Basarnas Lampung Gelar Pelatihan Potensi Pertolongan di Gunung dan Hutan di Tanggamus


 Kegiatan Pelatihan Basarnas Provinsi Lampung Diikuti 50 Peserta dari Berbagai Kabupaten dan Instansi, Senin 8 Mei 2023. (Herdi/Media Prioritas). Perbesar

Kegiatan Pelatihan Basarnas Provinsi Lampung Diikuti 50 Peserta dari Berbagai Kabupaten dan Instansi, Senin 8 Mei 2023. (Herdi/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Tanggamus – Badan Nasional Pertolongan dan Pencarian, Basarnas Kelas A Provinsi Lampung menggelar latihan teknis di Gedung Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Tanggamus di Pekon Gisting Permai Kecamatan Gisting, Senin 8 Mei 2023.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, juga dilakukan penyerahan SAR Awards kepada Bupati Tanggamus atas dukungan kepada SAR Tanggamus dan kerjasama yang baik sehingga Tanggamus menjadi pos pertama SAR Tanggamus.

Kemudian, penyerahan penghargaan khusus kepada Deni Ribowo S.E dan kepada Aris Suryono, lantaran keduanya merupakan relawan SAR yang aktif dalam penyelanggaran operasi SAR.

Direktur Bina Potensi Basarnas RI Drs Mochammad Hernanto, M.M. mengatakan pelatihan dalam rangka mengedukasi potensi SAR yang ada di Kabupaten Tanggamus dan sekitarnya tentang teknik pertolongan di gunung dan di hutan.

“Peserta pelatihan sebanyak 50 orang, diantarany BPBD Tanggamus, Pringsewu, Pesisir Barat dan Lampung Barat. Potensi SAR Rescue Relawan Lampung Alfatah Rescue, SAR Amanah, MTA Lampung, Brimob Polda Lampung dan Polres Tanggamus,” kata Mochammad Hernanto.

Ia menjelaskan, pelatihan potensi SAR teknik pertolongan di gunung dan hutan dalam rangka meningkatkan potensi SAR di bidang junggle rescue demi tercapainya quick respon SAR dalam Operasi SAR di Provinsi Lampung.

“Materi pelatihan teknik pertolongan diantaranya medikal firsr responder (pertolongan pertama), navigasi darat dan teknik pertolongan lainnya. Dalam pelatihan juga menggunakan alat seperti MVAR, GPS, Aplikasi, dan lainnya,” jelasnya.

Mochammad Hernanto, mengungkapkan, dalam pelatihan tersebut, Basarnas Lampung menerjunkan 10 personel Basarnas dan 2 personel TNI Korem 043 Garuda Hitam, dengan waktu pelatihan dimulai hari Senin 8 Mei 2023 sampai dengan Sabtu, 13 Mei 2023.

“Untuk kegiatan di kelas yakni gedung NU selama 3 hari dan praktek juga camp selama 2 hari di Gunung Tanggamus,” ungkapnya.

Disinggung terkait sertifikasi, Direktur Bina Potensi Basarnas RI, mengaku bahwa yang berhak mendapatkan sertifikat adalah potensi-potensi yang benar-benar mampu yang dibuktikan oleh ujian kompetensi lanjutan.

“Untuk sertifikat tentunya potensi SAR harus betul-betul menguasai dan setelah ini dilakukan uji kompentensi untuk peserta yang ada. Sampai dimana penyerapan kemampuan mereka menerima, karena bicara SAR and Rescue tidak main-main,” tegasnya.

Bupati Tanggamus, Lampung Dewi Handajani yang menghadiri sekaligus meresmikan pelatihan ini juga menyambut baik dengan adanya pelatihan teknis pertolongan di gunung dan hutan di Kabupaten Tanggamus, Lampung.

Hal itu dikarenakan Kabupaten Tanggamus, Lampung memang terdiri dari pegunungan dan pesisir yang memiliki potensi bencana cukup besar.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas SAR Award yang diberikan kepada pihaknya, juga terima kasih pelatihan SAR dilaksnanakan di wilayah Kabupaten Tanggamus.

Pasalnya, Tanggamus memiliki wilayah pegunungan, lautan bahkan kawasan hutan Tanggamus memiliki 2855,46 meter persegi dengan 47,04 persen terdiri dari kawasan hutan.

“Kami juga berterimakasih kepada Basarnas pusat karena Kabupaten Tanggamus dapat menjadi tempat pelatih tersebut, kami juga berharap dengan adanya pelatihan ini makin banyak masyarakat yang teredukasi dengan baik,” kata Dewi Handajani.

Dirinya juga berharap dengan adanya pelatihan ini para peserta serta masyarakat dapat teredukasi dan dapat bertindak ketika terjadi bencana di Kabupaten Tanggamus, Lampung.

“Hal ini juga tentunya butuh peran aktif dari masyarakat untuk bekerja sama dalam menanggulangi bencana alam yang ada di Kabupaten Tanggamus,” tandasnya. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 137 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Iptu Sukarjo, KBO Sat Samapta Polres Tanggamus Meninggal Dunia di Tanah Suci

19 June 2024 - 08:44 WIB

Satu Rumah Warga Sumberejo Tanggamus, Kerugian Puluhan Juta

19 June 2024 - 08:29 WIB

Hari Kedua Perayaan Idul Adha 1445 H, Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Dialogis ke Sejumlah Tempat Rekreasi

18 June 2024 - 17:18 WIB

Polres Tulang Bawang Sembelih Belasan Hewan Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H

17 June 2024 - 19:18 WIB

Idul Adha 2024, Polda Lampung Kurban 44 Sapi dan Kambing

17 June 2024 - 13:20 WIB

Gelar Fun Run 5K Bhayangkara Presisi 2024, AKBP James: Peserta Yang Hadir Lampaui Target

16 June 2024 - 19:34 WIB

Trending di Lampung