Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 16 Nov 2023 15:56 WIB ·

Buang Uang Berisi Sabu di Jalan, Pengedar Sabu asal Pringsewu Dibekuk Polisi di Tanggamus


 Polisi saat menangkap tersangka dan menemukan barang bukti yang dibuang tersangka di Pekon Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Rabu 15 Nopember 2023. (Dok : Polres Tanggamus) Perbesar

Polisi saat menangkap tersangka dan menemukan barang bukti yang dibuang tersangka di Pekon Gunung Kasih Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus, Rabu 15 Nopember 2023. (Dok : Polres Tanggamus)

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Polisi kembali menggagalkan peredaran Narkotika jenis Sabu seberat 2.59 gram senilai Rp1,5 juta sekaligus menangkap pelaku bernama Yoga Hasta (36), warga Pekon Pardasuka, Kecamatan Pardasuka, Kabupaten Pringsewu.

Penangkapan itu tergolong dramatis, pasalnya saat akan ditangkap Yoga sempat membuang barang bukti bahkan hendak kabur saat penghadangan petugas di Jalan Raya Pekon Gunung Kasih, Kecamatan Pugung, Kabupaten Tanggamus.

Beruntung, polisi yang jeli mengamati gerak gerik pelaku yang mencurigakan akhirnya berhasil melumpuhkan pelaku dengan tangan kosong dan disaksikan warga di sana juga berhasil menemukan sabu diatas rerumputan.

Kasatresnarkoba Polres Tanggamus AKP Deddi Wahyudi mengunggkap, penangkapan bermula pihaknya melaksanakan patroli sore di wilayah Pugung dan tim mencurigai seorang pria diduga merupakan pengedar sabu.

“Terhadap pelaku selanjutnya dilakukan pengejaran dan penghadapan di Jalan Raya Pekon Gunung Kasih kemarin Rabu (15/11) pukul 10.00 WIB. Pelaku sempat membuang sabu, namun Alhamdulillah sabu berhasil ditemukan,” ungkap Dedi kepada Media Prioritas di ruang kerjanya, Kamis 16 Nopember 2023.

Deddi menjelaskan, penangkapan dan pencarian barang bukti itu juga disaksikan warga setempat, saat ditemukan barang bukti narkotika yang dibungkus dengan uang pecahan Rp10 ribu.

“Keseluruhan barang bukti yang berhasil disita meliputi plastik klip berisi kristal putih seberat brutto 2.59 gram, uang sejumlah Rp10 ribu, dompet, handphone, dan motor Honda CBR berwarna merah,” jelasnya.

Kasat membeberkan, berdasarkan keterangan tersangka, bahwa ia mendapatkan barang haram tersebut dengan cara membeli senilai Rp1,5 juta dari seseorang yang berjanjian di jalan raya pugung.

Kemudian, pihaknya juga berkoordinasi dengan Polsek Pugung untuk melakukan pengembangan terhadap penyedia sabu tersebut, namun nama yang disebut tersangka belum ditemukan.

“Untuk pengembangan kami berkoordinasi dengan Polsek Pugung, berbekal data yang didapat dari tersangka untuk penyedia masih dalam pengejaran,” bebernya.

Kesempatan itu, Deddi mengajak masyarakat untuk terus berperan aktif dalam memberikan informasi terkait peredaran narkoba guna menciptakan lingkungan yang bersih dan aman dari ancaman narkotika di wilayah Tanggamus.

“Kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan informasi masyarakat sehingga satu persatu pengedar Narkoba berhasil ditangkap,” tandasnya.

Sementara itu, Yoga dalam keteranganya mengakui semua perbuatannya, awalnya ia datang membeli sabu yang terlebih dahulu janjian dengan diduga bandar di jalan pugung.

Yoya mengaku kaget, ketika hendak kembali ke Pardasuka, pasalnya di Jalan Gunung Kasih ia curiga ada mobil mengejarnya dan menghentikannya, sehingga reflek membuang bungkusan sabu tersebut ke pinggir jalan.

“Saya bawa motor menuju kecamatan Bulok dari Pugung, ya pas liat ada mobil itu saya membuang barang bukti dalam uang pecahan Rp10 ribu,” kata Yoga di Polres Tanggamus.

Yoga mengaku membeli narkoba tersebut dari seseorang yang dikenalnya melalui telepon dan bisnis beli dan jual di Pardasuka selama enam bulan terakhir lantaran faktor ekonomi yang menghimpitnya.

“Rata-rata beli ya itu seharga Rp1,5 juta, kemudian dipecah menjadi lebih dari 20 paket dengan variasi harga jual 100 – 200 ribu rupiah. Keuntungannya sekitar 500 ribu rupiah digunakan untuk kehidupan sehari-hari, menghidupi anak dan istri,” tandasnya. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 573 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Curi Motor di Persawahan Punggur Lampung Tengah, Pria 21 Tahun asal Lamtim Nyaris Diamuk Massa, Rekannya DPO

5 July 2024 - 11:27 WIB

Penipu Mengaku Mantan Murid Gondol Sepeda Motor Beat Milik Guru di Pesawaran

5 July 2024 - 10:57 WIB

Gunakan Alat Berat, Pemerintah Pekon Banding BNS Tanggamus Timbun Badan Jalan Lingkungan

5 July 2024 - 10:03 WIB

Curi Pembalut Demi Judi Online, Dua Kakak Beradik di Panjang Bandar Lampung Ditangkap Polisi

5 July 2024 - 09:01 WIB

Kerjakan 7 Fisik dan 15 Non Fisik, Karya Bakti TNI TA 2024 di Pulau Panggung Tanggamus Ditutup

5 July 2024 - 08:44 WIB

Terima Pengukuhan 8 Tahun Jabatan, Kakon Tekad Pulau Panggung Tanggamus Ucapkan Rasa Syukur

4 July 2024 - 16:44 WIB

Trending di Desa