Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 12 Jan 2024 22:45 WIB ·

Kesal Tunggu Perhatian Pemkab, Warga Sinar Bangun Tanggamus Bangun Tanggul Bambu Hadapi Ancaman Banjir


 Tanggul darurat dari anyaman bambu dan karung diisi pasir dibuat warga Pekon Sinar Bangun, BNS, Tanggamus, cegah terjangan banjir, Jumat 12 Januari 2024. Foto : Edi Hidayat/Media Prioritastv.com. Perbesar

Tanggul darurat dari anyaman bambu dan karung diisi pasir dibuat warga Pekon Sinar Bangun, BNS, Tanggamus, cegah terjangan banjir, Jumat 12 Januari 2024. Foto : Edi Hidayat/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Warga Pekon Sinar Bangun, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, melakukan gotong royong untuk membangun tanggul darurat menghadapi potensi bahaya banjir akibat luapan sungai setempat, Jumat 12 Januari 2024.

Bangunan darurat itu dilakukan lantaran kesal menunggu pemerintah kabupaten yang tak kunjung bergerak, padahal harusnya perhatian penting setelah kondisi sungai tersebut mengalami pendangkalan dan erosi, sebab dampak kritis pada kondisi tanggul yang memerlukan tindakan segera.

Pendangkalan dan erosi yang terjadi di Way Semaka menciptakan kekhawatiran di kalangan warga, terutama saat hujan deras. Jebolnya tanggul di salah satu rumah milik warga bernama Juned menimbulkan ketakutan akan potensi banjir di Pekon Sinar Bangun.

Situasi khawatir tidak hanya terbatas pada pemukiman warga, tetapi juga mengancam hektaran sawah yang berada di sekitar bantaran Way Semaka.

Kepala Pekon Sinar Bangun, Alimuddin, mengajak warga untuk bergotong royong dalam pembuatan tanggul darurat. Tujuannya adalah menghindari masuknya air sungai ke pemukiman warga dan melindungi rumah-rumah mereka.

Juned, pemilik rumah yang mengalami kerusakan akibat jebolnya tanggul, telah mengungsi ke rumah keluarganya sebagai langkah antisipatif.

Alimuddin berharap pemerintah daerah, provinsi, dan pusat segera mengambil tindakan untuk penanganan sungai Way Semaka.

“Kami membutuhkan dukungan dan perhatian penuh pemerintah agar kondisi sungai dapat dikelola dengan baik, mencegah kerusakan lebih lanjut, dan melindungi pemukiman warga di Pekon Sinar Bangun,” harap Alimuddin.

Diketahui, hujan deras disertai banjir yang mengguyur wilayah Tanggamus juga merusak sebagian jalan lingkungan di Pekon Sinar Bangun Kecamatan Bandar Negeri Semoung, Jumat 1 Desember 2023.

Kerusakan akibat banjir tersebut diantaranya menghanyutkan bronjong sehingga air meluap dan masuk ke pemukiman warga yang berada di pinggiran sungai.

Selain itu, jalan salah satu jalan penghubung ke arah pemakaman yang juga merupakan jalan pertanian juga tergerus sehingga membutuhkan perhatian segera.

Banjir juga kembali terjadi pada Rabu, tanggal 10 Januari 2024, mengakibatkan bertambahnya gerusan tanah penahan disisi sungai yang berada di bibir pemukiman. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 163 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kejari Pringsewu Ucapkan Selamat HUT ke-79 TNI di Acara Syukuran Kodim 0424 Tanggamus

5 October 2024 - 12:13 WIB

Polsek Semaka Tanggamus Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Ciptakan Kondisi Aman

5 October 2024 - 08:46 WIB

Keresahan Peratin Lampung Barat Soal Fenomena Oknum Wartawan Tukang Peras

5 October 2024 - 07:53 WIB

Suami Selegram Lampung Ditetapkan Tersangka KDRT oleh Polisi

4 October 2024 - 21:10 WIB

Camat Pugung Tanggamus : Harapan Green House Melon Tanjung Heran Menjadi Agro Wisata

4 October 2024 - 21:02 WIB

Pj Bupati Tanggamus : TPI Higienis Resmi Dibuka, Berikan Harapan Peningkatan Pendapatan Nelayan

4 October 2024 - 20:43 WIB

Trending di Lampung