Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 17 May 2024 19:14 WIB ·

IPM dan Capaian Rata-Rata Lama Sekolah di Tanggamus, Masyarakat Diminta Proaktif Perbaharui KK


 Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan saat Memimpin Sosialisasi IPM di Aula Dinas Pendidikan Setempat, Kamis 16 Mei 2024. Foto : Herdi/Media Prioritastv.com. Perbesar

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan saat Memimpin Sosialisasi IPM di Aula Dinas Pendidikan Setempat, Kamis 16 Mei 2024. Foto : Herdi/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan memberikan arahan penting terkait Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang merupakan indikator penting yang dibangun dari tiga unsur utama yaitu angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, dan tingkat pendidikan.

Mulyadi Irsan juga menekankan pentingnya mengenai peningkatan rata-rata lama sekolah di kabupaten Tanggamus dengan memperhatikan setiap unsur tersebut untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal itu disampaikan Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan saat menghadiri sosialisasi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diadakan di Aula Dinas Pendidikan Tanggamus yang dihadiri Kadisdik Yadi Mulyadi, Kepala BPS Amiruddin, serta para camat se-Kabupaten setempat, Kamis 16 Mei 2024.

Dalam acara ini, salah satu isu yang mencuat adalah ketidakproaktifan masyarakat dalam memperbarui Kartu Keluarga (KK) sehingga banyak anggota keluarga yang telah masuk sekolah masih terdaftar sebagai belum sekolah, dan beberapa yang sudah lulus masih terdaftar sebagai siswa.

“Ketidaksinkronan data ini mengakibatkan masalah dalam mencatat angka kelulusan dan putus sekolah. Sehingga masyarakat diminta proaktif memperbaharui kartu keluarganya,” kata Mulyadi Irsan.

Sementara itu, dalam sesi tanya jawab, Camat Gisting Purwanti menyampaikan aspirasinya mengenai kebutuhan pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri di Kecamatan Gisting.

Pasalnya, saat ini kecamatan tersebut belum memiliki SMA Negeri, dan hal ini dinilai sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pendidikan di wilayah tersebut.

Menanggapi aspirasi Camat Gisting, Pejabat Bupati Tanggamus menjelaskan bahwa usulan pembangunan SMA Negeri akan ditampung dan disampaikan ke pemerintah Provinsi, mengingat kewenangan di tangan Provinsi Lampung.

“SMA merupakan kewenangan provinsi. Kewenangan kabupaten hanya mencakup PAUD, SD, dan SMP. Namun, kita akan sampaikan usulan ini ke provinsi dengan catatan bahwa lahan dan persyaratan lainnya sudah lengkap,” tegas Mulyadi Irsan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus, Yadi Mulyadi, menyampaikan terima kasih atas kunjungan kerja PJ Bupati dan menyatakan dukungannya terhadap program-program pendidikan yang dicanangkan.

Ia juga menegaskan komitmen untuk terus berkoordinasi dengan BPS, BPMP, dan PKBM untuk memastikan program-program pendidikan tetap berjalan dengan baik.

“Kami terus mendorong koordinasi dengan BPS dan BPMP serta mengupayakan anggaran untuk program kesetaraan. Kami akan evaluasi kembali penambahan terkait dengan siswa untuk kesetaraan,” kata Yadi Mulyadi.

Acara sosialisasi ini merupakan langkah penting dalam upaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Tanggamus. Dengan koordinasi yang baik antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai instansi terkait, diharapkan kualitas pendidikan di Tanggamus dapat terus meningkat, dan pada akhirnya, IPM Kabupaten Tanggamus akan mencapai angka yang lebih baik. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 71 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI, Polres Tulang Bawang Berikan Surprise di Tiga Lokasi Berbeda

5 October 2024 - 14:52 WIB

Gruduk Kodim 0424, Kapolres Tanggamus Berikan Kejutan HUT ke-79 TNI

5 October 2024 - 14:21 WIB

Kejari Pringsewu Ucapkan Selamat HUT ke-79 TNI di Acara Syukuran Kodim 0424 Tanggamus

5 October 2024 - 12:13 WIB

Polsek Semaka Tanggamus Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Ciptakan Kondisi Aman

5 October 2024 - 08:46 WIB

Keresahan Peratin Lampung Barat Soal Fenomena Oknum Wartawan Tukang Peras

5 October 2024 - 07:53 WIB

Suami Selegram Lampung Ditetapkan Tersangka KDRT oleh Polisi

4 October 2024 - 21:10 WIB

Trending di Bandar Lampung