Menu

Mode Gelap
 

Bandar Lampung · 11 Jun 2024 20:16 WIB ·

Kapolda Lampung Intruksikan Jajarannya Cegah PMI/TKW Ilegal Hingga Ke Kampung-Kampung Lewat Sosialisasi


 Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika saat Memberikan Keterangan Pers Terkait Intruksi Jajarannya untuk Cegah PMI/TKW Ilegal Hingga Ke Kampung-Kampung Lewat Sosialisasi. Dok. Bidhumas Polda Lampung. Perbesar

Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika saat Memberikan Keterangan Pers Terkait Intruksi Jajarannya untuk Cegah PMI/TKW Ilegal Hingga Ke Kampung-Kampung Lewat Sosialisasi. Dok. Bidhumas Polda Lampung.

Prioritastv.com, Bandar Lampung, Lampung – Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika mengatakan Penanganan PMI sangat dibutuhkan kerjasama yang proaktif, serta pemberian edukasi dan sosialisasi guna mencegah timbulnya korban calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang hendak bekerja ke luar negeri secara tidak resmi atau ilegal.

“Bagaimana caranya kita semua peduli menanggulangi agar calon PMI yang tidak resmi ini tidak menjadi korban, maka perlu dilakukan edukasi dan sosialisasi terkait dengan ketentuan bagaimana prosedur bekerja di luar negeri yang harus dipahami oleh masyarakat,” ungkap Irjen Pol. Helmy Santika, Selasa. (11/06/2024)

Menurutnya, tidak ada yang salah dengan bekerja di luar negeri sebagai PMI, asalkan bekerja di luar negeri itu sesuai dengan ketentuan,” tambahnya.

Pihaknya pun berharap agar stakholder terkait dapat bekerja sama untuk melakukan edukasi dan sosialisasi itu agar penyampaiannya ke masyarakat lebih optimal.

Kapolda juga selalu meminta kepada para Kapolres dan jajaran untuk membuat himbauan dan sosialisasi terkait TPPO.
“Sesuai dengan intruksi Kapolri, Jajaran Polda lampung hingga kini terus menghimbau masyarakat agar tidak menjadi korban TPPO dan para personel di daerah dari tingkatan bhabinkamtibmas agar rutin menggelar sosialisasi di kampung-kampung agar masyarakat paham terhadap bahaya Tindak Pidana Perdagangan Orang,” terang Helmy.

Disisi lain,Kepala BP2MI Lampung, Gimbar Ombai Helawarnana, mengapresiasi langka-langkah kepolisian Daerah Lampung yang terus mensuport dan mendukung dalam pencegahan PMI illegal. Terlebih lagi dengan membokngkar beberapa sindikat terkait perdagangan orang atau TPPO PMI tersebut dengan penerapan pasal yang sesuai bagi pengurus PMI illegal agar menjadi efek jera. (Erwin)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

Baca Lainnya

Kasat Reskrim Polres Tanggamus Naik Pangkat AKP

2 July 2024 - 18:28 WIB

Puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Tulang Bawang Gelar Upacara dan Beberapa Pertunjukan

2 July 2024 - 13:49 WIB

Kapolda Lampung Apresiasi Tim Khusus Ungkap Kasus Kematian Siswi SMK di Mesuji

2 July 2024 - 13:22 WIB

Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

2 July 2024 - 12:04 WIB

Kapolda Lampung Pimpin Upacara Hari Bhayangkara Ke-78

1 July 2024 - 20:12 WIB

Polres Tanggamus Gelar Upacara dan Syukuran Peringatan ke 78 Hari Bhayangkara

1 July 2024 - 18:45 WIB

Trending di Lampung