Menu

Mode Gelap
 

Jawa Barat · 19 Oct 2024 15:37 WIB ·

Puluhan Anak Yatim Piatu di Purwakarta Antusias Ikuti Khitanan Massal Gratis Sambut Hari Santri Nasional


 Sunat Massal Hari Santri Nasional di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu 19 Oktober 2024. Perbesar

Sunat Massal Hari Santri Nasional di Purwakarta, Jawa Barat, Sabtu 19 Oktober 2024.

Prioritastv.com, Purwakarta, Jawa Barat – Puluhan anak yatim piatu di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, tampak antusias mengikuti khitanan massal gratis yang diadakan oleh Lazis Nahdlatul Ulama (NU) bekerja sama dengan Lembaga Kesehatan NU (LK NU) dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Purwakarta. Acara ini berlangsung di kantor PC NU Purwakarta pada Sabtu, 19 Oktober 2024, sebagai bagian dari perayaan Hari Santri Nasional.

Ketua Lazis NU Purwakarta, Roderick Afta Asyawan, menjelaskan bahwa setiap anak yang dikhitan mendapatkan paket khusus berupa sarung, kopiah, tas, uang saku, serta souvenir dari IDI Purwakarta. “Dalam khitan massal ini, ada delapan tim petugas yang terdiri dari dokter dan paramedis dari puskesmas dan rumah sakit daerah,” ujar Roderick.

Ia menambahkan bahwa khitan merupakan syariat agama yang wajib bagi anak laki-laki. “Selain sebagai bagian dari ibadah, khitan juga berfungsi untuk memudahkan proses pembersihan fisik, yang menjadi syarat sahnya ibadah. Secara medis, khitan membantu mencegah penumpukan kotoran, virus, dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan,” jelasnya.

Khitanan massal ini merupakan rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Santri Nasional ke-5 di Kabupaten Purwakarta, yang puncaknya akan dilaksanakan pada 26 Oktober 2024 di Stadion Purnawarman. Roderick menambahkan bahwa kegiatan ini adalah bentuk komitmen Lazis NU dalam membantu masyarakat, terutama mereka yang kurang mampu.

Orang tua yang anaknya mengikuti khitan massal juga mengapresiasi kegiatan ini karena membantu meringankan beban keluarga. “Biaya hidup sehari-hari saat ini sangat sulit, jadi kegiatan seperti ini sangat membantu, terutama bagi anak saya yang ikut dikhitan,” ungkap seorang ibu dari Kecamatan Tegalwaru.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat serta memperkuat kebersamaan dan semangat kepedulian sosial di Purwakarta. (Fuljo Saepulrahman)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pekon di Lampung Barat Kembangkan Budidaya Lele Sistem Bioflok

23 October 2024 - 20:27 WIB

Polisi Uji Sampel Jajanan Spicy Noodle Stick Diduga Penyebab Keracunan 12 Siswa di Bandar Lampung

23 October 2024 - 20:07 WIB

Paslon ZeinJo Kooperatif Penuhi Undangan Bawaslu Purwakarta untuk Klarifikasi Laporan

23 October 2024 - 19:41 WIB

26 Kepala UPT SD dan SMP di Pringsewu Dilantik Pj Bupati

23 October 2024 - 19:28 WIB

Pemkab Lampung Barat Gelar Bimtek Statistik Sektoral 2024 : Meski Satu Data, Sangat Penting Dalam Proses Pengambilan Kebijakan  

23 October 2024 - 18:46 WIB

Debat Publik Pilkada Tanggamus 2024 : Adu Visi dan Misi Paslon dalam Transformasi Pembangunan

23 October 2024 - 18:31 WIB

Trending di Lampung