Menu

Mode Gelap
 

Destinasi Wisata · 7 Sep 2024 14:27 WIB ·

Semarak Festival Museum Kekhatuan Semaka BNS Tanggamus dalam Rangka HUT ke-10


 Semarak Festival Museum Kekhatuan Semaka BNS Tanggamus dalam Rangka HUT ke-10 Perbesar

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Festival Adat Seni Budaya Lampung diadakan oleh Pengurus Museum Kekhatuan Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong, Kabupaten Tanggamus, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Kekhatuan Semaka. Acara ini berlangsung meriah pada Sabtu, 7 September 2024.*

Acara tersebut dihadiri oleh PJ Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, beserta PJ Sekda Tanggamus, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus, Camat Bandar Negeri Semuong, serta para kepala pekon se-Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Kekaguman PJ Bupati Tanggamus

PJ Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, mengungkapkan kekagumannya saat menyaksikan langsung berbagai peninggalan bersejarah di Museum Kekhatuan Semaka. Di antara benda-benda yang dipamerkan adalah kain kuno, kulit kayu, dan sepasang meriam kuno yang sudah usang, namun tetap menjadi saksi sejarah kejayaan masa lalu.

Abu Sahlan, seorang tokoh adat sekaligus Ketua Museum Kekhatuan Semaka yang bergelar Pangeran Kekhatuan Semaka, dengan rinci menjelaskan setiap benda bersejarah yang dipamerkan di Museum tersebut. Ia menyampaikan.

“Alhamdulillah, kita merayakan hari jadi Museum Kekhatuan Semaka yang ke-10, dan saya sangat berterima kasih karena PJ Bupati dan PJ Sekda dapat hadir di acara ini.” kata Abu Sahlan.

Harapan untuk Pelestarian Budaya

Abu Sahlan juga menyampaikan harapan untuk masa depan pelestarian budaya lokal. “Ke depannya, kita harus lebih baik dalam melestarikan budaya. Kita perlu menggali budaya-budaya yang harus dibina dan dikembangkan potensinya,” ujar Abu Sahlan.

Selain peringatan HUT Museum Kekhatuan Semaka, acara ini juga dimeriahkan dengan lomba tari kreasi yang melibatkan peserta dari seluruh pekon di Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

Festival tari ini menjadi salah satu upaya untuk menjaga dan melestarikan budaya tradisional Lampung di kalangan generasi muda. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 141 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Suami Selegram Lampung Ditetapkan Tersangka KDRT oleh Polisi

4 October 2024 - 21:10 WIB

Camat Pugung Tanggamus : Harapan Green House Melon Tanjung Heran Menjadi Agro Wisata

4 October 2024 - 21:02 WIB

Pj Bupati Tanggamus : TPI Higienis Resmi Dibuka, Berikan Harapan Peningkatan Pendapatan Nelayan

4 October 2024 - 20:43 WIB

Pj Gubernur Lampung Resmikan Poskesdes dan Green House di Tanjung Heran Pugung Tanggamus

4 October 2024 - 20:36 WIB

Pj Gubernur Lampung Resmikan TPI Higienis di Pelabuhan Perikanan Kota Agung, Dorong Peningkatan Ekonomi Nelayan Tanggamus

4 October 2024 - 18:33 WIB

Kaget Distop Polisi, Tukang Ojek di Tanggamus Justru Dapat Nasi Kotak Jumat Berkah dari Polres

4 October 2024 - 18:22 WIB

Trending di Lampung