Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 23 Feb 2024 21:27 WIB ·

Harga Beras Premium di Tanggamus Tembus Rp16.500 per Kg, Ini Penyebabnya ?


 Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser saat meninjau pabrik penggilingan padi di wilayah Talang Padang, Jumat 23 Februari 2024. Foto : Dok. Polres Tanggamus. Perbesar

Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser saat meninjau pabrik penggilingan padi di wilayah Talang Padang, Jumat 23 Februari 2024. Foto : Dok. Polres Tanggamus.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Pengecekan ketersediaan beras dan harga bahan pokok di Pasar Gisting, Tanggamus, pada Jumat kemarin menemukan fakta mengejutkan, Jumat, 23 Februari 2024

Harga beras premium telah mencapai Rp16.500 per kg, sedangkan beras kualitas biasa bertengger di angka Rp15.000 per kg. Hal ini dipicu oleh kesulitan bahan baku akibat dampak dari El Nino 2023 yang mempengaruhi penundaan waktu tanam.

Informasi itu diketahui, setelah kegiatan pengecekan Kapolres Tanggamus, AKBP Rinaldo Aser bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus. Mereka tidak hanya meninjau pasar, namun juga pabrik penggilingan padi di Sumber Bandung, Kecamatan Talang Padang, dan Way Balak, Kecamatan Gunung Alip.

Meskipun beberapa komoditi mengalami kenaikan harga, seperti beras, cabai besar merah, dan cabai keriting, stok pangan dan barang untuk kebutuhan pokok masih mencukupi dan aman untuk memenuhi kebutuhan selama bulan puasa.

AKBP Rinaldo Aser menyatakan komitmennya untuk terus memantau situasi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan demi menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok di pasaran menjelang Ramadhan.

Sementara itu, Faisal selaku Analis Kebijakan Bidang Ekobang Tanggamus menjelaskan bahwa kenaikan harga beras juga dipengaruhi oleh fenomena El Nino beberapa waktu lalu.

“Fenomena ini menyebabkan pergeseran musim tanam di Kabupaten Tanggamus, sehingga pihak penggilingan padi kesulitan untuk mencari gabah lokal,” kata Faisal.

Kesulitan ini juga terasa di pasar, di mana stok beras yang sulit didapatkan membuat pedagang kesulitan dalam menentukan kualitas beras.

Meskipun demikian, pemerintah setempat telah merespons dengan melaksanakan Bantuan Pangan Pemerintah (BPP) dan rencananya akan menggelar bazar pasar murah pada akhir bulan Februari 2024.

Semua pihak berkomitmen untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok demi kesejahteraan bersama masyarakat Tanggamus.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kabid Ketahanan Pangan Kabupaten Tanggamus, Dinas Koperindag, Dinas Pasar, serta beberapa perwakilan dari kepolisian setempat. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 766 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kasat Reskrim Polres Tanggamus Naik Pangkat AKP

2 July 2024 - 18:28 WIB

Puncak Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78, Polres Tulang Bawang Gelar Upacara dan Beberapa Pertunjukan

2 July 2024 - 13:49 WIB

Kapolda Lampung Apresiasi Tim Khusus Ungkap Kasus Kematian Siswi SMK di Mesuji

2 July 2024 - 13:22 WIB

Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, Raih Gelar Doktor dengan Predikat Sangat Memuaskan

2 July 2024 - 12:04 WIB

Kapolda Lampung Pimpin Upacara Hari Bhayangkara Ke-78

1 July 2024 - 20:12 WIB

Polres Tanggamus Gelar Upacara dan Syukuran Peringatan ke 78 Hari Bhayangkara

1 July 2024 - 18:45 WIB

Trending di Lampung