Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 6 Jul 2024 14:14 WIB ·

Najih Mustofa : Bawaslu Tanggamus Siapkan 304 Posko Aduan, Belum Tercatat DPT Pemilukada 2024 Segera Lapor


 Ketua Bawaslu Tanggamus (Kanan) Najih Mustofa saat memberikan keterangan pers usai kegiatan deklarasi pekon partisipatif di Taman Wisata Muara Indah, Kota Agung, Sabtu, 6 Juli 2024. Foto : Herdi/Media Prioritastv.com Perbesar

Ketua Bawaslu Tanggamus (Kanan) Najih Mustofa saat memberikan keterangan pers usai kegiatan deklarasi pekon partisipatif di Taman Wisata Muara Indah, Kota Agung, Sabtu, 6 Juli 2024. Foto : Herdi/Media Prioritastv.com

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Ketua Bawaslu Tanggamus, Najih Mustofa, menjelaskan bahwa Bawaslu bersama masyarakat Kelurahan Baros telah mendeklarasikan Pekon Pengawasan Partisipatif di Kelurahan Baros, Sabtu 6 Juli 2024.

Najih menyebut, deklarasi ini merupakan bagian dari instruksi Bawaslu Republik Indonesia untuk memastikan bahwa masyarakat mendapatkan informasi dan edukasi terkait persiapan Pilkada yang akan datang.

“Kita berharap pelaksanaan pemilihan kepala daerah, baik di tingkat provinsi maupun Kabupaten Tanggamus, berjalan dengan lancar, aman, dan kondusif. Tentunya, kita juga berharap pemimpin yang terpilih nanti dapat membawa Provinsi Lampung dan Kabupaten Tanggamus menjadi lebih baik,” kata Najih usai kegiatan.

Terkait posko pengawasan Bawaslu, Najih menyebutkan bahwa Bawaslu telah mendirikan posko di setiap pekon dan kecamatan. Posko ini disediakan agar masyarakat dapat melaporkan atau mengadukan jika mereka belum tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau jika ada masyarakat yang sudah meninggal dunia namun masih terdaftar di DPT. Selain itu, laporan juga bisa terkait dengan TNI dan Polri yang terdaftar di DPT.

“Seluruhnya ada 304 posko pengaduan, 302 posko yang tersebar di tingkat pekon, kelurahan, 2 lainnya di kabupaten. Masyarakat dapat melaporkan segala bentuk ketidaksesuaian data pemilih di posko kawal hak pilih ini,” jelas Najih.

Dengan adanya 304 posko pengaduan yang tersebar di seluruh pekon dan kecamatan, Bawaslu Tanggamus berharap dapat memfasilitasi masyarakat untuk melaporkan segala bentuk pelanggaran atau ketidaksesuaian data pemilih.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang berhak memilih dapat menyalurkan suaranya dengan benar pada Pilkada 2024.

Najih menambahkan bahwa hingga saat ini, terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), belum ada laporan atau masukan yang diterima oleh posko pengaduan Bawaslu Tanggamus. Hal ini menunjukkan bahwa persiapan Pilkada berjalan sesuai dengan harapan dan aturan yang telah ditetapkan.

Deklarasi Pekon Pengawasan Partisipatif di Kelurahan Baros ini merupakan upaya Bawaslu untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Dengan adanya posko-posko pengaduan ini, diharapkan masyarakat dapat lebih aktif berpartisipasi dalam menjaga integritas pemilu.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua dan Komisioner Bawaslu Tanggamus, Komisoner KPU, perwakilan Forkopimda, para pemateri, serta masyarakat setempat yang antusias mengikuti rangkaian kegiatan. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 44 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI, Polres Tulang Bawang Berikan Surprise di Tiga Lokasi Berbeda

5 October 2024 - 14:52 WIB

Gruduk Kodim 0424, Kapolres Tanggamus Berikan Kejutan HUT ke-79 TNI

5 October 2024 - 14:21 WIB

Kejari Pringsewu Ucapkan Selamat HUT ke-79 TNI di Acara Syukuran Kodim 0424 Tanggamus

5 October 2024 - 12:13 WIB

Polsek Semaka Tanggamus Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Ciptakan Kondisi Aman

5 October 2024 - 08:46 WIB

Keresahan Peratin Lampung Barat Soal Fenomena Oknum Wartawan Tukang Peras

5 October 2024 - 07:53 WIB

Suami Selegram Lampung Ditetapkan Tersangka KDRT oleh Polisi

4 October 2024 - 21:10 WIB

Trending di Bandar Lampung