Menu

Mode Gelap
 

Destinasi Wisata · 7 Sep 2024 15:33 WIB ·

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Prioritaskan Pelestarian Budaya dan Kekhatuan Semaka


 Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Suyatno saat memberikan keterangan di Museum Kekhatuan Semaka, Sabtu 9 September 2024. Perbesar

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Tanggamus Suyatno saat memberikan keterangan di Museum Kekhatuan Semaka, Sabtu 9 September 2024.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadis Parbud) Tanggamus, Suyatno, menegaskan komitmennya untuk lebih fokus pada pelestarian budaya dan Kekhatuan Semaka. Hal ini sejalan dengan tanggung jawabnya yang saat ini mengampu sektor pariwisata dan kebudayaan di Kabupaten Tanggamus.

Suyatno menyebutkan, salah satu langkah konkret dalam pelestarian budaya adalah dengan memberikan sertifikasi kepada para ahli budaya lokal.

“Melalui Abu Sahlan, tokoh adat sekaligus Ketua Museum Kekhatuan Semaka, kita sudah lakukan proses sertifikasi. Alhamdulillah, hari ini beliau telah lulus sebagai calon tim ahli cagar budaya. Ini menjadi peluang besar, mengingat beliau memiliki keahlian dan rasa hormat yang tinggi terhadap budaya serta cagar budaya di Tanggamus,” kata Suyatno di Museum Kekhatuan Semaka, Sabtu 7 September 2024.

Peluang Besar untuk Pelestarian Cagar Budaya

Suyatno menambahkan, dengan sertifikasi ini, Abu Sahlan dan ahli budaya lainnya di Tanggamus memiliki kesempatan besar untuk menemukan dan menetapkan berbagai peninggalan bersejarah sebagai bagian dari khasanah kekayaan budaya lokal.

“Ini adalah langkah penting dalam melestarikan budaya Tanggamus yang begitu kaya. Banyak situs dan artefak yang perlu perhatian khusus, dan kini kita memiliki tim ahli yang terlibat langsung dalam upaya tersebut,” lanjutnya.

Museum Kekhatuan Semaka sebagai Pusat Pelestarian Budaya

Di Tanggamus, Museum Kekhatuan Semaka menjadi satu-satunya museum budaya yang dikelola secara personal. Keberadaannya mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

Suyatno menyatakan bahwa museum ini menjadi pusat pelestarian budaya yang penting, di mana banyak peneliti dari Universitas Lampung (Unila) turut membantu dalam menjaga dan merawat koleksi-koleksi berharga yang ada.

“Peneliti-peneliti dari Unila sudah mulai terlibat dan ikut berkontribusi dalam menjaga koleksi di museum ini. Pemerintah juga memberikan perhatian penuh terhadap museum Kekhatuan Semaka karena perannya yang vital dalam pelestarian budaya lokal,” tegasnya.

Harapan untuk Masa Depan Budaya Tanggamus

Suyatno berharap, dengan dukungan dari tim ahli cagar budaya dan kerja sama dengan berbagai pihak, kekayaan budaya Tanggamus dapat terus dilestarikan dan dikembangkan.

Museum Kekhatuan Semaka diharapkan menjadi pusat pendidikan dan penelitian budaya, yang tidak hanya menarik wisatawan, tetapi juga memberikan wawasan penting bagi generasi mendatang. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 42 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polsek Semaka Tanggamus Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Ciptakan Kondisi Aman

5 October 2024 - 08:46 WIB

Keresahan Peratin Lampung Barat Soal Fenomena Oknum Wartawan Tukang Peras

5 October 2024 - 07:53 WIB

Suami Selegram Lampung Ditetapkan Tersangka KDRT oleh Polisi

4 October 2024 - 21:10 WIB

Camat Pugung Tanggamus : Harapan Green House Melon Tanjung Heran Menjadi Agro Wisata

4 October 2024 - 21:02 WIB

Pj Bupati Tanggamus : TPI Higienis Resmi Dibuka, Berikan Harapan Peningkatan Pendapatan Nelayan

4 October 2024 - 20:43 WIB

Pj Gubernur Lampung Resmikan Poskesdes dan Green House di Tanjung Heran Pugung Tanggamus

4 October 2024 - 20:36 WIB

Trending di Lampung