Menu

Mode Gelap
 

Desa · 5 Jul 2024 08:44 WIB ·

Kerjakan 7 Fisik dan 15 Non Fisik, Karya Bakti TNI TA 2024 di Pulau Panggung Tanggamus Ditutup


 Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto Menandatangani Berita Acara Penutupan Karya Bakti TNI di Way Ilahan, Kecamatan Pulau Panggung, Kamis, 4 Juli 2024. Foto : Humas Pemkab Tanggamus. Perbesar

Dandim 0424 Tanggamus, Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto Menandatangani Berita Acara Penutupan Karya Bakti TNI di Way Ilahan, Kecamatan Pulau Panggung, Kamis, 4 Juli 2024. Foto : Humas Pemkab Tanggamus.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Kegiatan Karya Bakti TNI T.A 2024 yang diselenggarakan oleh Kodim 0424/Tanggamus resmi ditutup Dandim Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto pada Kamis, 4 Juli 2024, di Pekon Way Ilahan, Kecamatan Pulau Panggung.

Kegiatan Karya Bakti TNI ini terdiri dari Pembukaan badan jalan sepanjang 2.025 meter dan lebar 6 meter; Perkerasan jalan dengan onderlagh dengan ukuran panjang 175 meter dan lebar 3,5 meter; Pembuatan gorong-gorong plat type dengan ukuran diameter 1,5 meter dan panjang 5 meter sebanyak 2 unit;

Kemudian, Pembuatan gorong-gorong Buis Beton dengan ukuran diameter 40 cm dan panjang 5 meter; Pekerjaan jembatan plat beton dengan ukuran panjang 6 meter dan lebar 5 meter; Pekerjaan pasangan talud sayap dan oprit jembatan dengan ukuran panjang 80 meter; Pekerjaan pasangan bronjong dengan ukuran panjang 70 meter dan tinggi 2 meter.

Karya Bhakti juga didukung Pemerintah Kabupaten Tanggamus juga telah turut serta dalam beberapa kegiatan non-fisik, antara lain, Penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara; Penyuluhan pemberdayaan pemuda melalui karang taruna; Penyuluhan pengertian, kriteria, dan ciri-ciri usaha mikro kecil dan menengah (UMKM); Penyuluhan kesehatan reproduksi bagi pasangan usia subur; Penyuluhan mekanisme penerimaan Bansos; Penyuluhan transformasi pendidikan dan cara pembelajaran yang menyenangkan.

Lalu, Penyuluhan literasi digital dan UU ITE; Penyuluhan pola hidup sehat dan pencegahan stunting; Pelayanan administrasi kependudukan; Pelayanan kesehatan/pengobatan gratis, Sunatan masal, dan pelayanan KB; Pelayanan kesehatan hewan ternak dan pemberian vitamin hewan kambing; Bantuan bibit tanaman keras yakni petai, pinang, durian, dan sirsak; Bantuan sembako untuk warga miskin; Bantuan peralatan olahraga serta bantuan ATK untuk siswa SD.

Dalam sambutannya, Dandim 0424/Tanggamus Letkol Inf. Vicky Heru Harsanto, menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar.

“Karya Bakti ini merupakan bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur di wilayah, serta merupakan komitmen moral TNI dan pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Tanggamus,” kata Dandim.

Beliau juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pj. Bupati Tanggamus, instansi terkait, serta seluruh masyarakat yang telah bekerja sama dalam menyelesaikan Karya Bakti ini, baik dari segi fisik maupun non-fisik.

“Dengan berakhirnya Karya Bakti ini, saya berpesan kepada personel Satgas dan seluruh masyarakat untuk mempertahankan kebersamaan dan gotong royong antara TNI dan masyarakat yang telah kita rasakan selama pelaksanaan Karya Bakti ini,” lanjutnya.

Dandim juga mengingatkan pentingnya semangat bekerja dan membangun bersama sebagai bagian dari solusi bagi pembangunan daerah serta memelihara dan memanfaatkan seluruh hasil Karya Bakti ini dengan baik.

“Saya berharap TNI dimanapun berada dapat memberikan solusi yang terbaik bagi masyarakat,” tutupnya dengan mengucapkan syukur kepada Tuhan.

Sementara itu, Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bakti Kodim 0424/Tanggamus adalah wujud dari Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah.

“Kegiatan ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat dengan tujuan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah perdesaan sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan daerah,” ucap Mulyadi.

Lebih lanjut, Mulyadi menjelaskan bahwa Kecamatan Pulau Panggung memiliki wilayah yang strategis dengan jumlah penduduk yang besar, sehingga diperlukan peningkatan pembangunan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan masyarakat sehari-hari.

“Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor: B.112/34/08/2024 tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2024 di Pekon Way Ilahan, Kecamatan Pulau Panggung,” jelasnya.

Mulyadi menyebut, kegiatan Karya Bakti TNI ini meliputi berbagai proyek pembangunan fisik seperti pembukaan badan jalan, perkerasan jalan, pembuatan gorong-gorong, pekerjaan jembatan, dan pasangan talud. Selain itu, terdapat juga kegiatan non-fisik seperti penyuluhan berbagai topik, pelayanan administrasi kependudukan, pelayanan kesehatan gratis, bantuan bibit tanaman, dan bantuan sembako serta peralatan olahraga.

“Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pekon, menggugah kesadaran masyarakat akan budaya gotong-royong, dan partisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri,” kata Bupati. Beliau juga berharap agar masyarakat dapat merawat hasil pembangunan ini dengan baik.

Acara penutupan ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah termasuk Kapolres Tanggamus, Ketua DPRD Tanggamus, Kepala Pengadilan Agama Tanggamus, dan beberapa kepala dinas. Hadir juga perwakilan dari TNI, Polri, camat, kepala pekon, serta masyarakat Way Ilahan yang turut serta dalam kegiatan tersebut. (Asrul Ariski)

Artikel ini telah dibaca 58 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polsek Dente Teladas Adakan Program Bermalam di Tiap Kampung, Iptu Zulian Paparkan Tujuannya

7 July 2024 - 17:52 WIB

Jaminkan Mobil Rental Demi Hutang, Pria 55 Tahun di Pringsewu Ditangkap Polisi

7 July 2024 - 14:25 WIB

Oknum Anggota DPRD Lampung Tengah Ditetapkan Tersangka Penembakan, Empat Senjata Diamankan

7 July 2024 - 12:51 WIB

Sambut Tahun Baru Islam, Kakon Gunung Tiga Ulu Belu Adakan Muharam Fair

7 July 2024 - 00:08 WIB

Pria 40 Tahun Tewas Tertembak Oknum Anggota DPRD Lampung Tengah di Lokasi Hajatan

6 July 2024 - 23:35 WIB

Empat Orang Ditetapkan Tersangka Pungli Mobil Batu Bara di Jalinsum Lampung Utara

6 July 2024 - 18:56 WIB

Trending di Kriminal