Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 3 Dec 2023 23:23 WIB ·

Tinjau Bencana di Cukuh Balak, Pejabat Bupati Tanggamus Sebut Fungsi Hutan Terganggu


 Pejabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan saat meninjau dampak bencana di Pekon Putih Doh, Cukuh Balak, Minggu 3 Desember 2023. Foto : Syamsul Kheir/Media Prioritas Network. Perbesar

Pejabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan saat meninjau dampak bencana di Pekon Putih Doh, Cukuh Balak, Minggu 3 Desember 2023. Foto : Syamsul Kheir/Media Prioritas Network.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Pejabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan meninjau sejumlah pekon terdampak bencana tanah longsor dan banjir di wilayah Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus, pada Minggu 3 Desember 2023.

Peninjauan dimulai dari Pekon Pekondoh, dilanjutkan ke Putihdoh, Tengor, Tanjung Betuah dan berakhir di Pekon Pampangan. Mulyadi selalu berinteraksi dengan warga terdampak bencana dan berkoordinasi untuk mendapatkan rincian kerusakan bencana alam.

Mulyadi menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat, Kepala Pekon, Camat Cukuh Balak, Tagana, dan BPBD Tanggamus yang telah bergotong-royong dalam penanganan bencana di Kecamatan Cukuh Balak.

Mulyadi menyebut, setelah pemeriksaan secara langsung diketahui bahwa pemukiman berada di bantaran sungai sehingga pada saat meluap sehingga pemukiman warga terimbas.

Pejabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan saat meninjau dampak bencana di Pekon Wilayah Cukuh Balak, Minggu 3 Desember 2023. Foto : Syamsul Kheir/Media Prioritas Network.

“Tanggamus ini merupakan dataran tinggi, ketika fungsi hutan terganggu tidak berjalan sebagaimana mestinya, berdampak ke hilirnya,” kata Mulyadi kepada Media Prioritas Network.

Mulyadi menjelaskan, atas musibah tersebut, satu persatu dampak bencana mulai dibenahi dan korban yang mengalami kerusakan akan ditindaklanjuti oleh Pemkab Tanggamus.

“Kita inventarisir dulu berapa jauh permasalahan dan korban bencana. Dilapangan sudah terjun Dinsos, BPBD, Camat, Pekon bahkan ini mengajak pramuka dan masyarakat bersama-sama ikut berpartisipasi mengembalikan posisi-posisi di masyarakat,” jelasnya.

Mulyadi menegaskan, pemerintah kabupaten tanggamus akan seoptimal mungkin menyelesaikan permasalahan di lapangan.

Diketahui, sejumlah wilayah Cukuh Balak Tanggamus terdampak bencana diantaranya akibat tanah longsor di Pekon Tanjung Betuah, 1 rumah rusak berat, 5 rumah rusak ringan, 1 SDN rusak berat dan trrtimbunnya jalan raya sepanjang 30 meter. Lalu akibat banjir 1 rumah rusak dengan kerugian keseluruhan mencapai Rp130 juta.

Pejabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan saat meninjau dampak bencana di Pekon Wilayah Cukuh Balak, Minggu 3 Desember 2023. Foto : Syamsul Kheir/Media Prioritas Network.

Kemudian, di Pekon Pampangan, terdapat 6 rumah mengalami rusak ringan akibat tanah longsor. Lalu di Pekon Sukaraja, 1 rumah rusak ringan akibat tanah longsor. Lantas di Pekon Putih Doh, 1 unit rumah rusak ringan akibat tanah longsor.

Terakhir, di wilayah Pekon Tengor setidaknya 12 rumah warga mengalami rusak ringan akibat banjir yang menerjang wilayah setempat, 4 ruang kelas SMP Al-Islam tergenang air dan 1 jembatan penghubung dusun rusak berat. (Syamsul Kheir).

Artikel ini telah dibaca 119 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Gadungan di Bandar Lampung Tipu Wanita, Curi HP dan Kuras Rekening

25 October 2024 - 09:40 WIB

Katim Relawan Jalan Lurus Ajak Masyarakat Tanggamus Pilih Paslon Hi Saleh Asnawi dan Agus Suranto

24 October 2024 - 21:43 WIB

Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi 2024 di Purwakarta : ASN Diminta Perkuat Integritas 

24 October 2024 - 20:32 WIB

Prospek Budidaya Anggur di Pringsewu : Potensi Luas untuk Agrowisata dan Konsumsi

24 October 2024 - 20:09 WIB

Polda Lampung Gelar Pembinaan Penanggulangan dan Pencegahan Radikalisme-Intoleransi

24 October 2024 - 19:49 WIB

Paslon Pilkada 2024 Belum Ajukan Kampanye Terbuka, Masih Fokus pada Pertemuan Terbatas

24 October 2024 - 17:04 WIB

Trending di Bandar Lampung