Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 4 Dec 2023 23:42 WIB ·

Optimalisasi Pengendalian Bencana, Pejabat Bupati Tanggamus Gelar Rapat Mendadak, Ini Tujuannya ?


 Kepala Baperida Tanggamus, Hendra Wijaya Mega saat memberikan masukan pada rapat koordinasi optimalisasi pengendalian bencan di ruang rapat Pemkab setempat, Senin 4 Desember 2023. Foto : Dok Humas Pemkab Tanggamus. Perbesar

Kepala Baperida Tanggamus, Hendra Wijaya Mega saat memberikan masukan pada rapat koordinasi optimalisasi pengendalian bencan di ruang rapat Pemkab setempat, Senin 4 Desember 2023. Foto : Dok Humas Pemkab Tanggamus.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar rapat optimalisasi Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana. Rapat yang berlangsung di ruang rapat Pemkab setempat dipimpin Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, Senin 4 Desember 2023.

Pejabat Bupati membahas strategi penanggulangan dampak kerusakan bencana, khususnya mengingat wilayah Tanggamus yang rentan terhadap bencana seperti tsunami, banjir, dan gempa, ia juga menekankan perlunya manajemen yang terkendali untuk mencegah kemungkinan bencana yang dapat merugikan masyarakat.

Mulyadi menyampaikan harapannya agar kecamatan-kecamatan yang sebelumnya terdampak bencana segera memiliki solusi yang efektif. Dalam upaya persiapan, diharapkan ketersediaan alat berat, logistik, dan peralatan lainnya yang memadai.

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan saat membuka rapat koordinasi optimalisasi pengendalian bencan di ruang rapat Pemkab setempat, Senin 4 Desember 2023. Foto : Dok Humas Pemkab Tanggamus.

“Bagaimana menangani dampak dari pada kerusakan bencana, dan saya perhatikan disini dan notabenya akan berpindah pindah, harapannya penangan bencana ini manajemennya terkendali sehingga masyarakat tidak menjerit,” kata Mulyadi.

Dalam konteks bantuan, Pejabat Bupati juga menyoroti perlunya kejelasan dalam pengelolaan data dan pendistribusiannya. Bantuan yang diterima, terutama yang bersifat non-bajet, diharapkan dapat disalurkan secara transparan dan efisien.

Untuk itu juga, Pejabat Bupati merencanakan pembentukan kesekretariatan khusus untuk penanggulangan bencana, mencakup aspek kebutuhan dasar seperti makanan siap saji dan sandang.

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan saat menunjukan pendukung optimalisasi pengendalian bencana saat rapat di ruang rapat Pemkab setempat, Senin 4 Desember 2023. Foto : Dok Humas Pemkab Tanggamus.

“Langkah ini diharapkan dapat mempercepat respons dan penanganan saat terjadi bencana,” ujarnya.

Kesempatan itu, Pejabat Bupati mengajukan ide untuk memiliki ruang khusus Pusat Pengendalian Operasi Tanggap Bencana, guna memastikan respons yang cepat dan terkoordinasi ketika bencana melanda.

“Langkah-langkah proaktif ini dapat meningkatkan kesiapan dan keamanan masyarakat Tanggamus dalam menghadapi potensi bencana di masa mendatang,” tandasnya. (Aldo)

Artikel ini telah dibaca 40 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Gadungan di Bandar Lampung Tipu Wanita, Curi HP dan Kuras Rekening

25 October 2024 - 09:40 WIB

Katim Relawan Jalan Lurus Ajak Masyarakat Tanggamus Pilih Paslon Hi Saleh Asnawi dan Agus Suranto

24 October 2024 - 21:43 WIB

Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi 2024 di Purwakarta : ASN Diminta Perkuat Integritas 

24 October 2024 - 20:32 WIB

Prospek Budidaya Anggur di Pringsewu : Potensi Luas untuk Agrowisata dan Konsumsi

24 October 2024 - 20:09 WIB

Polda Lampung Gelar Pembinaan Penanggulangan dan Pencegahan Radikalisme-Intoleransi

24 October 2024 - 19:49 WIB

Paslon Pilkada 2024 Belum Ajukan Kampanye Terbuka, Masih Fokus pada Pertemuan Terbatas

24 October 2024 - 17:04 WIB

Trending di Bandar Lampung