Menu

Mode Gelap
 

Uncategorized · 31 Jul 2024 19:47 WIB ·

Masuk 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024, Ini Kelebihan Kiluan Negeri Tangggamus


 Pelaksanaan Visitisasi ADWI Pekon Negeri Kiluan, Kelumbayan, Tanggamus, Rabu 31 Juli 2024 | Herdi/Media Prioritastv.com. Perbesar

Pelaksanaan Visitisasi ADWI Pekon Negeri Kiluan, Kelumbayan, Tanggamus, Rabu 31 Juli 2024 | Herdi/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Pekon Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus berhasil masuk sebagai 50 besar nasional dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2024.

ADWI adalah ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang memenuhi kriteria penilaian Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf).

ADWI 2024 diikuti 6.016 desa wisata di seluruh Indonesia, setelah melalui tahap penilaian dan seleksi yang cukup panjang, ADWI 2024 memasuki babak akhir kurasi, dengan penilaian secara objektif oleh para dewan juri, ADWI 2024 telah masuk tahap 50 besar.

Dari total 50 desa wisata tersebut terdiri dari empat klasifikasi, yakni Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Mandiri. Dimana Kiluan Negeri masuk dalam kategori Desa Wisata Berkembang.

Teluk Kiluan bukan pada tahun ini saja masuk ke 50 besar, namun capaian itu juga telah diraih pada tahun 2023 lalu. Hanya saja tahun ini objek wisata yang indentik dengan Lumba Lumba ini merupakan satu satunya perwakilan Provinsi Lampung.

Hal ini tentu tidak hanya mengharumkan nama Tanggamus namun juga Provinsi Lampung di kancah Nasional hingga Internasional. Imbasnya sektor wisata khususnya di Kabupaten Tanggamus dan umumnya di Lampung akan lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Adapun tema diusung dalam penilaian ADWI 2024 ini adalah “Desa Wisata Menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia” dengan fokus pada pengembangan desa wisata berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Melihat potensi wisata di Teluk Kiluan wajar rasanya jika objek wisata ini masuk dalam 50 besar ADWI 2024.

Tidak hanya memiliki wisata yang indah, memukau dan memanjakan mata saja, namun sejumlah sarana pendukung maju dan berkembangnya wisata dimiliki oleh Teluk Kiluan.

Tidak sampai disitu, ramah tamah penduduk dan juga fasilitas juga menjadi modal penting sebuah objek wisata dan itu telah disadari oleh pengelola wisata Teluk Kiluan.

Berbagai aktifitas menyenangkan bisa dinikmati dan pengunjung dapatkan jika berkunjung ke wisata unggulan Tanggamus ini. Mulai dari berenang, snorkeling, diving hingga memancing bisa dilakukan di tempat ini.

Wisata Teluk Kiluan juga merupakan surganya Lumba Lumba hewan mamalia ini. Pengunjung bisa melihat secara langsung tingkah polah menggemaskan dari hewan yang satu ini.

Hanya saja, jika ingin bertemu dan melihat langsung tingkah polah hengan memiliki kecerdasan ini pengunjung harus menanyakan secara langsung kepada warga sekitar maupun pengelola wisata.

Hal itu karena ada waktu waktu tertentu, lumba-lumba menggemaskan ini menyapa para pengunjung yang datang. Selain melihat tingkah menggemaskan dari Lumba Lumba, anda juga dapat melakukan aktivitas laut.

Selain itu, pengunjung juga bisa merasakan sensasi Laguna Gayau, Laguna Gayau merupakan salah satu spot wisata selanjutnya yang juga menjadi andalan dari Kiluan Negeri.

Laguna Gayau sendiri ialah sebuah Laguna yang terletak di balik bukit Kiluan dan terletak berdekatan dengan pantai Gayau yang indah.

Laguna sendiri adalah, bentuknya berupa kolam renang dengan sekumpulan air asin yang terpisah dari laut dengan gugusan batu karang sebagai pembatasnya.

Bagi anda yang ingin menikmati suasana indah dan melihat matahari terbit, ditempat ini merupakan salah satu rekomendasinya. Bagi anda yang ingin menginap telah tersedia beberapa villa dan resort disekitar pantai Kiluan Negeri ini. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kepala Pekon Talang Padang Farizal Saleh Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di SD N 1 Talang Padang

1 October 2024 - 18:45 WIB

Empat Imbauan Yang Disampaikan AKBP James Pada Silaturahmi Kamtibmas NCS

26 September 2024 - 11:21 WIB

Sambut HUT ke 69 Polisi Lalu Lintas, Polres Tanggamus Berikan Bantuan Sosial kepada Purnawirawan

6 September 2024 - 12:08 WIB

GAPTA Kabupaten Tanggamus Siap Memenangkan Bunda Dewi di Pilkada Tahun Ini

11 August 2024 - 20:31 WIB

Kunker Presiden RI di Tanggamus Aman Lancar, Kapolres AKBP Rinaldo Aser Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat

12 July 2024 - 21:05 WIB

Simpan Sabu Siap Edar, Resedivis Narkoba di Bandar Lampung Dibekuk Polisi

7 June 2024 - 15:24 WIB

Trending di Bandar Lampung