Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 26 May 2024 17:28 WIB ·

Tanggul Way Belu Jebol, Pemukiman Pekon Negara Batin Tanggamus Dilanda Lumpur Tebal, Satu Rumah Separuh Hancur


 Kondisi Pemukiman di Pekon Negara Batin, Kota Agung Barat Pasca Dilanda Banjir. Foto: Herdi. Perbesar

Kondisi Pemukiman di Pekon Negara Batin, Kota Agung Barat Pasca Dilanda Banjir. Foto: Herdi.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Hujan deras yang mengguyur wilayah hulu hingga hilir Way Belu di Kecamatan Kota Agung Barat, Kabupaten Tanggamus, menyebabkan tanggul penahan air Way Belu jebol. Akibatnya, debit air meningkat drastis, melampaui ketinggian tanah, dan meluap ke rumah-rumah penduduk di beberapa titik di Pekon Negara Batin.

Di Pedukuhan Penengahan, rumah milik Rudianarsyah, yang biasa disapa Waya, rusak parah akibat gerusan air yang kuat. Rumah papan kayunya separuh hancur terbawa arus, meskipun tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

“Akhirnya sisa rumahnya dibongkar sekalian karena lokasi dan posisi rumah sudah tinggal separuh,” ujar Kepala Dusun Penengahan, Kosri, kepada media Prioritastv.com, Minggu 26 Mei 2024.

Tidak hanya di Penengahan, di Pedukuhan Sinar Maju, air Way Belu melampaui dinding pembatas dan menggenangi pemukiman penduduk, menyisakan lumpur tebal di dalam rumah-rumah.

“Air naik dari Way Belu melalui dinding pembatas dan memasuki rumah saya serta rumah warga lainnya, mengakibatkan rumah saya terendam air setinggi 50 cm,” ungkap Ridwan Ali, salah satu warga Sinar Maju.

“Hanya air dan lumpur yang masuk ke rumah, tidak ada korban jiwa,” tambahnya.

Kepala Dusun Bayur Pekon Negara Batin, Rohman, menyatakan kekhawatirannya akan banjir susulan jika tanggul yang jebol tidak segera diperbaiki.

“Curah hujan lama dan deras menyebabkan tanggul Way Belu jebol, air masuk ke pemukiman dan rumah-rumah warga. Ada 22 rumah dengan 31 kepala keluarga dan125 jiwa yang terdampak. Kejadian terjadi sekitar jam 20.00 WIB dan surutnya jam 3 pagi. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa atau orang hanyut, hanya rumah yang terendam air,” jelas Rohman.

Rohman berharap agar pemerintah segera mengambil tindakan untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

“Saya berharap pemerintah segera memperbaiki tanggul yang jebol agar pedukuhan Bayur tidak kebanjiran lagi,” harapnya.

Peristiwa ini meninggalkan pekerjaan berat bagi warga Pekon Negara Batin yang harus membersihkan lumpur tebal dari rumah dan lingkungan mereka.

Banjir yang membawa lumpur tidak hanya merusak harta benda, tetapi juga mengancam kesehatan penduduk karena lumpur yang terbawa arus dapat menjadi media penyebaran penyakit.

Perlu tindakan cepat dari pemerintah dan pihak terkait untuk memulihkan kondisi di Pekon Negara Batin serta mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

Warga sangat berharap ada perhatian dan bantuan segera untuk memperbaiki infrastruktur penahan air dan mendukung pemulihan pasca bencana ini. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 230 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terbukti Korupsi ADD, Kepala Pekon Sukamernah Tanggamus Divonis 4 Tahun 3 Bulan

25 July 2024 - 19:08 WIB

Hadiri Sidang Pemerasan Ketiga di PN Kota Agung, DPC Apdesi Tanggamus Beri Dukungan Anggotanya

25 July 2024 - 17:40 WIB

Semua Peratin di Lampung Barat Belum Sampaikan LHKPN ke KPK

25 July 2024 - 17:15 WIB

Kapolres Tulang Bawang Berikan Reward Kepada 21 Personel Berprestasi, Berikut Daftar Namanya

25 July 2024 - 14:50 WIB

Kedapatan Bawa Sabu, Oknum Kepala Desa di Pesisir Barat Lampung Ditangkap Polisi

25 July 2024 - 10:55 WIB

Hadapi El Nino, PJ Bupati Lampung Barat Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Padi

24 July 2024 - 21:27 WIB

Trending di Lampung