Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 3 May 2023 04:03 WIB ·

Pipa Saluran Air Bersih Warga Dua Pekon di Semaka Tanggamus Disumbat Material Tangan Jahil


 Pipa Saluran Air Bersih Warga Dua Pekon di Semaka Tanggamus Disumbat Material Tangan Jahil Perbesar

Prioritastv.com, Tanggamus – Viral, video warga mengeluarkan sejumlah material yang menutup pipa saluran air bersih yang diduga sengaja disumbatkan oleh tangan jahil berprilaku bisa disebut aneh.

Pasalnya, saat warga membuka pipa saluran air yang tersumbat itu, ditemukan sejumlah material yang terdiri dari 3 potongan kayu diameter berbeda-beda, 2 karung berbahan plastik dan sehelai kain panjang.

Amatan pada video berdurasi 48 detik tersebut, terdengar suara-suara kesal warga ketika mengetahui saluran pipa air tersebut ditutup material oleh orang yang tak bertanggungjawab.

Berdasarkan keterangan Desi, selaku warga Kecamatan Semaka, bahwa peristiwa disumbatnya saluran air bersih itu terjadi di wilayah Dusun Simpur RT 02 Pekon Srikaton, Semaka.

“Itu kejadiannya kemarin, Selasa 2 Mei 2023, warga yang merasa aneh saluran air tidak mengalir sehingga bergotong royong membuka jalur air sehingga disitulah ditemukan material kayu, karung dan kain panjang,” kata Desi kepada Media Prioritas, Rabu 3 Mei 2023.

Desi mengaku tidak mengetahui pelaku yang tega menutup pipa air bersih, namun ia bersyukur air kembali dapat mengalir seperti biasa.

“Entah siapa yang jahilnya kebangetan, maksudnya apa enggak jelas. Tapi Alhamdulillah air sekarang sudah mengalir lagi,” ungkapnya.

Atas kejadian itu, ia berharap tidak ada kejadian serupa, lantaran sangat merugikan orang banyak, sebab air dari saluran pipa yang sengaja ditutup orang tidak bertanggung jawab tersebut digunakan oleh puluhan masyarakat di dua pekon.

“Saluran pipa air bersih itu kan dipakai ratusan orang dari dua pekon, tentunya sangat merugikan. Mudah-mudahan tidak terulang,” tandasnya.

Sementara itu, menurut Kakon Srikaton Wadoyo, membenarkan bahwa ada peristiwa tersebut dan memanggil para RT agar saling menjaga supaya kejadian tidak terulang.

“Saluran pipa air tersebut merupakan air bersih utama untuk kebutuhan masyarakat 4 pekon, yakni pekon srikaton, kuncoro, way kerap dan karang agung,” kata Wardoyo, Rabu 3 Mei 2023.

Kesempatan itu, Wardoyo berharap kepada masyarakat seluruhnya untuk bersama-sama menjaga saluran air bersih tersebut. “Melalui kebersamaan dalam menjaga saluran air bersih tentunya dapat sama-sama merasakan manfaat air bersih tersebut,” tandasnya. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 151 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Tulang Bawang Gelar Pojok Pilkada, AKBP James Jelaskan Tujuan Utamanya

23 May 2024 - 15:55 WIB

Kapolda Lampung Beri Instruksi Tim Rescue dan Patroli Perairan untuk WSL Krui Pro 2024

23 May 2024 - 12:40 WIB

Kementerian Agama Tanggamus Gelar Rakor Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji 1445 H/2024 M

23 May 2024 - 10:14 WIB

Sudah Memakan Korban Jiwa, Harimau Pemangsa Manusia di Lampung Barat Ditangkap Tim Gabungan

23 May 2024 - 10:04 WIB

Pejabat Bupati Tanggamus Hadiri Pekan Raya Lampung 2024 di PKOR Way Halim

23 May 2024 - 09:46 WIB

Pembangunan Jalan Usaha Tani Salah satu Program Prioritas Pekon Rajabasa

23 May 2024 - 08:28 WIB

Trending di Lampung