Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 4 May 2023 18:20 WIB ·

Sulam Tapis dan Pertanian, Inovasi Pembinaan Mandiri Lapas Kota Agung Tanggamus


 Kolasw Foto : Warga Binaan Lapas Kota Agung Dalam Kegiatan Pertanian (Kiri) dan Warga Binaan Wanitas Melaksanakan Sulam Tapis di Aula Pancasila, Kamis, 4 Mei 2023. (Dok. Lapas Kota Agung). Perbesar

Kolasw Foto : Warga Binaan Lapas Kota Agung Dalam Kegiatan Pertanian (Kiri) dan Warga Binaan Wanitas Melaksanakan Sulam Tapis di Aula Pancasila, Kamis, 4 Mei 2023. (Dok. Lapas Kota Agung).

Prioritastv.com, Tanggamus – Pasca lebarab Idul Fitri 1443 H, rutinitas kegiatan-kegiatan pembinaan yang diikuti oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kota Agung kembali digelar.

Kegiatan perdana diantaranya sulam tapis dan pertanian yang menjadi salah satu program unggulan pembinaan kemandirian di Lapas Kota Agung dilaksanakan pada Kamis 4 Mei 2023.

Menurut Kepala Lapas Kelas IIB Kotaagung, Beni Nurrahman bahwa sulam tapis rutin diselenggarakan khusus bagi WBP wanita yang dilaksanakan di Klinik Pancasila Lapas Kotaagung.

“Disamping mengasah kemampuan mereka untuk menyulam motif tapis pada kain, kegiatan ini juga mendukung pelestarian kain tapis sebagai kain khas budaya Lampung,” kata Beni dalam keterangan tertulis yang diterima Media Prioritas.

Lanjutnya, selain sulam tapi, juga kegiatan pertanian dilakukan oleh WBP pria di Kebun Luar dan Dalam Lapas Kota Agung, dengan hampir seluruh produk unggulan narapidana Lapas Kotaagung dihasilkan dari kegiatan kemandirian pertanian ini.

“Tentunya dalam kegiatan ini dengan pengawalan petugas bidang kegiatan kerja, ketika WBP melakukan kegiatan pertanian seperti penanaman, pemupukan, penyiraman, pemeliharaan tanaman dan pemanenan ketika sudah waktunya,” ujarnya.

Menariknya, sebut Beni bahwa beberapa hasil pertanian yang sudah menjadi produk unggulan narapidana ini antara lain minyak atsiri, ubi jalar, kangkung, kacang tanah, pepaya california, dan singkong.

“Pada waktu tertentu, Lapas Kotaagung juga mengadakan program pelatihan kemandirian bersertifikat dengan harapan para WBP yang ikut serta ini mendapat bekal kemampuan untuk berwirausaha usai menjalani masa pembinaan,” tandasnya. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Suara Tertinggi, Nuzul Irsan PKB Terpilih Kembali sebagai Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus

24 February 2024 - 17:02 WIB

Pelaku Penipuan ke Petani Singkong Serahkan Diri ke Polres Lampung Utara

24 February 2024 - 16:50 WIB

Polisi Tangkap Tiga Pengeroyok Wartawan Online di Tulang Bawang

24 February 2024 - 14:07 WIB

Satu Tewas dan Tiga Luka Kecelakaan Tragis Depan RS Mitra Husada Pringsewu

24 February 2024 - 13:14 WIB

Dicari Pria Terekam CCTV Pengambil HP di Warung Dekat Pom Bensin Kota Agung

24 February 2024 - 12:05 WIB

Harimau Lampung Barat Akan Ditangkap, Warga Diimbau Pakai Topi Tebalik

24 February 2024 - 10:20 WIB

Trending di Lampung