Menu

Mode Gelap
 

Jawa Tengah · 16 May 2023 13:14 WIB ·

Polres Sukoharjo Bentuk Polisi RW untuk Perkuat Keamanan Lingkungan


 Kapolres Sukoharjo Bentuk Polisi RW untuk Perkuat Keamanan Lingkungan, Selasa (16/5/23) Perbesar

Kapolres Sukoharjo Bentuk Polisi RW untuk Perkuat Keamanan Lingkungan, Selasa (16/5/23)

prioritastv.com – Dalam upaya memperkuat keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), Polres Sukoharjo di bawah kepemimpinan Kapolres Sukoharjo, AKBP Sigit membentuk Polisi RW (Rukun Warga) sebagai implementasi program Baharkam Polri di tingkat wilayah. Adanya Polisi RW ini diharapkan dapat memberikan peran aktif kepada masyarakat untuk ikut serta Bersama Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan RW.

Polisi RW merupakan unit kepolisian tingkat lingkungan yang akan berfungsi sebagai mitra masyarakat dalam menjaga keamanan di setiap RW. Anggota Polisi RW akan dilengkapi dengan pelatihan dasar kepolisian, termasuk pengetahuan tentang hukum, taktik keamanan, serta keterampilan penanganan situasi darurat.

“Pembentukan Polisi RW merupakan bentuk kolaborasi antraa kepolisian dan masyarakat dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman. Program Polisi RW Polres Sukoharjo ini bertujuan untuk memperkuat sinergi antara polisi dan warga masyarakat dalam memelihara keamanan dan menjaga wilayah di setiap wilayah, khususnya di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” terang AKBP Sigit, sesuai menggelar apel pembentukan Polisi RW di Mako Polres Sukoharjo, Selasa (16/05/2023).

Menurut AKBP Sigit, Polisi RW akan menjadi ujung tombak dalam upaya penanganan permasalahan keamanan di tingkat masyarakat. Polisi RW akan bertugas dalam pemantauan lingkungan, melakukan patroli keamanan, mengidentifikasi potensi bahaya, memberikan penyuluhan keamanan, serta dapat menerima informasi yang lebih cepat apabila terjadi tindak kriminal atau pelanggaran hukum. Sehingga Polisi RW akan lebih sigap dalam memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan terhadap masyarakat.

“Dengan membentuk Polisi RW yang menerapkan polisi proaktif dan lebih dekat dengan masyarakat, kami berharap masyarakat juga dapat lebih terlibat aktif dalam menjaga keamanan di lingkungan sekitar. Ini merupakan upaya nyata untuk memperkuat kerjasama antara polisi dan masyarakat, demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah Kabupaten Sukoharjo,” ujar AKBP Sigit. (saibumi)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Istri Kerja Cari Uang, Ayah Bejat di Lampung Tengah 7 Kali Gagahi Putri Kandung

24 February 2024 - 17:42 WIB

Suara Tertinggi, Nuzul Irsan PKB Terpilih Kembali sebagai Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus

24 February 2024 - 17:02 WIB

Pelaku Penipuan ke Petani Singkong Serahkan Diri ke Polres Lampung Utara

24 February 2024 - 16:50 WIB

Polisi Tangkap Tiga Pengeroyok Wartawan Online di Tulang Bawang

24 February 2024 - 14:07 WIB

Satu Tewas dan Tiga Luka Kecelakaan Tragis Depan RS Mitra Husada Pringsewu

24 February 2024 - 13:14 WIB

Dicari Pria Terekam CCTV Pengambil HP di Warung Dekat Pom Bensin Kota Agung

24 February 2024 - 12:05 WIB

Trending di Lampung