Menu

Mode Gelap
 

Jawa Tengah · 17 May 2023 10:33 WIB ·

Penanaman Mangrove, Upaya Perlindungan Lingkungan Hidup di Wilayah Pesisir Kota Tegal


 Penanaman Mangrove, Upaya Perlindungan Lingkungan Hidup di Wilayah Pesisir Kota Tegal Perbesar

Prioritastv.com, Kota Tegal – Presiden RI Ir. Joko Widodo secara resmi membuka Puncak Penanaman Mangrove Nasional sebanyak satu juta pohon secara serentak oleh jajaran TNI di seluruh Indonesia.

Untuk wilayah Kota Tegal, kegiatan ini terlaksana di Pantai Pulau Kodok Kelurahan Panggung Kec. Tegal Timur yang dipimpin langsung Komandan Lanal Tegal Letkol. Mar. Moch Chanan Asfihani, M.Tr Hanla, Senin (15/5/2023).

Danlanal Tegal Letkol. Mar. Moch Chanan Asfihani mengatakan, hari ini kita berpartisipasi dalam kegiatan penanaman pohon mangrove nasional. Dan di wilayah Kota Tegal kita bersama-sama jajaran Forkopimda menanam sekitar 5.000 pohon. Penanaman secara serentak yang dilaksanakan dari Sabang sampai Merauke bertujuan agar laut menjadi subur dan terhindar dari abrasi.

“Serta menyebarluaskan dan memberi contoh bahwa kita juga mampu melaksanakan penanaman mangrove tersebut,” ungkap Danlanal.

Menurutnya, dengan menanam pohon mangrove pada sekitar lokasi bibir pantai, harapannya bisa menjaga kelestarian lingkungan hidup. Dan mengurangi abrasi laut serta memberikan tempat hidup bagi biota laut seperti udang, ikan, dan kepiting.

Danlanal berharap keberadaan pohon mangrove dapat menjadikan sumber pendapatan bagi nelayan, pengembangan kawasan pariwisata, serta memberikan dampak ekonomi yang luas.

“Penanaman pohon mangrove merupakan bentuk antisipasi untuk mengurangi abrasi. Serta menjaga kelestarian lingkungan hidup, khususnya pada wilayah pesisir Kota Tegal” terang Danlanal.

Pohon mangrove yang kita tanam ini, lanjutnya, bisa bermanfaat dan memotivasi kelompok masyarakat untuk terus meningkatkan upaya-upaya pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup.

“Selain itu, juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat luas untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan asri,” tutupnya.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Tulang Bawang Kerahkan Puluhan Personel Amankan Konser Literasi Digital Kominfo RI

25 May 2024 - 21:51 WIB

Polres Tulang Bawang Gelar Patroli dan Razia Perbatasan, Berikut Lokasi dan Sasaran Utamanya

24 May 2024 - 17:13 WIB

Kawah Nirwana Kramikan di Kecamatan Suoh, Lampung Barat Meletus, Warga Panik

24 May 2024 - 11:05 WIB

Polres Tulang Bawang Gelar Pojok Pilkada, AKBP James Jelaskan Tujuan Utamanya

23 May 2024 - 15:55 WIB

Pejabat Bupati Tanggamus Hadiri Pekan Raya Lampung 2024 di PKOR Way Halim

23 May 2024 - 09:46 WIB

Polsek Banjar Agung Ungkap Kasus Pencurian di Salah Satu Kontrakan, Kompol Harahap: 4 Pelaku Dibekuk Dengan Peran Masing-Masing

22 May 2024 - 13:58 WIB

Trending di Kriminal