Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 19 May 2023 22:27 WIB ·

Bupati Tanggamus Minta Karang Taruna Siap Jadi Garda Terdepan Perangi Narkoba


 Bupati Tanggamus, Dewi Handajani dan Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona saat Memberikan Keterangan Pers Usai Kegiatan di Taman Wisata Muara Indah, Jumat 19 Mei 2023. (Herdi/Media Prioritas). Perbesar

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani dan Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung Dendi Ramadhona saat Memberikan Keterangan Pers Usai Kegiatan di Taman Wisata Muara Indah, Jumat 19 Mei 2023. (Herdi/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Tanggamus – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani berharap banyak kepada karang taruna untuk menjadi garda terdepan dalam memerangi penyalahgunaan Narkoba di masing-masing wilayah se-Provinsi Lampung.

Pasalnya, menurut Bupati permasalahan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika merupakan salah satu masalah serius yang memerlukan penanganan secara komprehensif dan melibatkan seluruh pemangku kepentingan.

Hal itu disampaikan Bupati Dewi ketika ia memberika sambutan dalam halal bihalal dan rapat koordinasi Karang Taruna se Provinsi Lampung di Pantai Muara Indah, Kota Agung, Jumat 19 Mei 2023.

Pada kesempatan itu, Bupati juga berharap karang taruna dapat menjadi pelopor kegiatan sosial kemasyarakatan, pembangunan di kecamatan sampai desa, serta mampu menunjukan perannya dan tegas memposisikan dirinya.

Kemudian, karang taruna harus tampil sebagai mediator dan fasilitator untuk membawa aspirasi pemuda kepada pemerintah sekaligus menjadi mitra pemerintahan pekon dalam menjalankan berbagai program pembangunan, terutama dalam hal pengentasan kesenjangan sosial.

“Karang taruna harus menjadi organisasi pemuda terdepan sekaligus motor penggerak pembangunan dan kehidupan sosial di wilayah kabupaten, kecamatan, kelurahan atau desa sampai RT. Sebab karang taruna adalah salah satu organisasi sosial pemuda yang memiliki struktur hingga lingkup administrasi wilayah terkecil yaitu pekon,” kata Bupati Dewi Handajani.

Dalam keterangan dihadapan awak media, Bupati Tanggamus mengapresiasi halal bilhalal dan Rakor karang taruna tingkat provinsi yang digelar di muara indah, sehingga menjadikan kebanggaan untuk kabupaten tanggamus.

“Kegiatan dihadiri ketua karang taruna tingkat provinsi dan seluruh jajaran provinsi serta ketua kabupaten kota se-provinsi lampung dan alhamdullillah tadi pembukaanya dengan lancar,” ucapnya.

Sebelum menutup keterangannya, Bupati mengharapkan Rakor karang taruna menghasilkan keputusan dan program program  yang akan mengexsiskan kembali karang taruna.

“Tentunya juga kemanfaatannya untuk masarakat, kita doakan karang taruna dapat menjadi seperti yel-yelnya yakni karang taruna jaya, jaya, kaya,” tutupnya.

Sementara itu, Dendi Ramadhona selaku Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung, menjelaskan tentang Motto dari karang taruna dalam arti luas, ia ingin anggota karang taruna dapat memahami makna yang terkandung didalamnya.

Dendi menyebut bahwa karang taruna bermotto “Karang Taruna Jaya, Jaya, Kaya” yang mengandung arti selain jaya, anggota karang taruna harus kaya wawasan, kaya akan ilmu, kaya akan innovasi.

“Saya berharap setiap anggota dapat memahami makna yang dalam ini,” kata Dendi Ramadhona.

Dendi menjelaskan, tujuan terbentuknya karang taruna adalah mengurangi kesenjangan sosial dan sebagai unit organisasi kemasyarakatan harus mendukung setiap program pemerintah di setiap jenjang.

Sehingga, ia meminta anggota Karang Taruna harus pro aktif dan harus muncul eksistensi di tengah-tengah masyarakat, guna mengurangi kemiskinan dan memberdayakan masyarakat melalui bidang sosial khususnya.

“Untuk itu anggota harus pro aktif jangan hanya menunggu, munculkan eksistensi di tengah tengah masyarakat dan segera siapkan program-program kerja ke depan,” pintanya.

Dendi mengucapkan terima kasih atas suport yang luar biasa dari Bupati  Tanggamus sehingga dapat menjadi tuan rumah dalam rapat kordinasi rutinitas bulanan karang taruna provinsi.

“Sekaligus masih masuk bulan syawal, giliran halal bihalal di tanggamus, dimana tadi banyak pesan dan kesan dari ibu Bupati, bahwa karang taruna adalah anaknya pemerintah  yang memang harus di rawat dan di besarkan bersama sama dan juga ibu Bupati memberikan suport selain kebijkan juga secara meteri. Bupati Tanggamus berharap karang taruna tanggamus bisa exsis dan terus memberikan kontribusi yang positip untuk kesejahteraan masarakat,” tandasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Bidang Administrasi Jonsen Vanesa, Kadis Sosial Zulfadli, Kadis Pemuda dan Olahraga Suyanto, Ketua Karang Taruna Tanggamus Aris Munandar, para ketua karang taruna perwakilan Kabupaten/Kota, Camat Kota Agung Suherlan, Kota Agung Timur Quraisin dan Kota Agung Barat Firdaus.

Selain itu, para lurah se kecamatan kota agung, para ketua karang taruna kecamatan se-kabupaten tanggamus, para ketua karang taruna kelurahan se-kecamatan kota agung, Kepala Syahbandar Kota Agung, Kepala Pospol Airud Bripka Darwanto dan Danpos AL Kota Agung.

Untuk diketahui, karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak dibidang usaha kesejahteraan sosial.

Karang Taruna sendiri beranggotakan,  setiap anggota masyarakat yang berusia 13 (tiga belas) tahun sampai dengan 45 (empat puluh lima) tahun yang berada di desa/kelurahan dan warga Karang Taruna sebagaimana dimaksud pada ayat (1), mempunyai hak dan kewajiban yang sama tanpa membedakan asal keturunan, golongan, suku dan budaya, jenis kelamin, kedudukan sosial, pendirian politik, dan agama. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 161 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Prestasi Gemilang Faqih Al Azim, Satu Putra Terbaik Kota Agung Timur Tanggamus Raih Emas Kejuaraan Internasional Karate Jakarta

5 March 2024 - 21:59 WIB

Viral..Oknum Camat di Ogan Ilir Sumsel Diduga Mesum dengan Anak Buah di Kantor

5 March 2024 - 21:52 WIB

PLT Kadis Perhubungan Tanggamus Hadiri Pembukaan Diklat Keselamatan Dasar Kapal Layar Motor dan SKK-60 di Pringsewu

5 March 2024 - 20:20 WIB

Kabupaten Tanggamus Terima Penghargaan Plakat Adipura Tahun 2023

5 March 2024 - 19:12 WIB

Meski PDI-P 10 Kursi, Caleg DPRD Tanggamus Suara Tertinggi di Pemilu 2024 asal PKB, Ini Peringkatnya ?

5 March 2024 - 11:04 WIB

KPU Tanggamus Finalisasi Hasil Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024, Catatkan Sejarah dan Penuh Kegembiraan

5 March 2024 - 09:37 WIB

Trending di Lampung