Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 26 May 2023 11:41 WIB ·

SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu Panen Prestasi di Pekan Sejarah IV


 Pelajar SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu saat Menunjkan Medali Pekan Sejarah IV, Jumat 26 Mei 2023. (Agus Yulianto/Media Prioritas). Perbesar

Pelajar SMA IT Insan Mulia Boarding School Pringsewu saat Menunjkan Medali Pekan Sejarah IV, Jumat 26 Mei 2023. (Agus Yulianto/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Pringsewu – Sejarah merupakan fondasi yang penting untuk memahami dan menghargai tentang peristiwa masa lalu.

Namun dari hal tersebut, manusia juga dapat belajar dari kesalahan, menarik inspirasi, dan membentuk arah masa depan yang lebih baik.

Sejarah memainkan peran penting dalam membentuk identitas budaya sekaligus memberikan pandangan yang lebih luas tentang perkembangan era modern ini.

Integrasi pembelajaran sejarah dalam pendidikan abad ke-21, telah memberikan landasan yang kuat bagi generasi mendatang untuk menghadapi tantangan zaman modern.

Peningkatan kesadaran sejarah telah dilakukan oleh Univeristas Muhammadiyah Metro Program Studi Pendidikan Sejarah dengan mengadakan kegiatan publik berupa diskusi, seminar, lokakarya, festival budaya, dan peringatan sejarah.

Kegiatan-kegiatan tersebut bertujuan untuk melibatkan siswa dan siswi di Provinsi Lampung dalam pembelajaran sejarah secara aktif dan menarik pada pagelaran Pekan Sejarah IV.

Seluruh rangkaian kegiatan ini dilangsungkan pada 13 – 21 Mei 2023 yang diikuti oleh para pelajar di Provinsi Lampung hingga nasional dengan mengusung Tema Explore Historia Skill With ASIC (Action, Spirit, Intelligent, and Competitive) yang ditutup dengan seminar kesejarahan dengan Dr. Johan Setiawan, M.Pd dan Kian Amboro, M.Pd selaku pemateri.

Pelaksanaan Pekan Sejarah di Universitas Muhammadiyah Metro dilakukan lewat 5 cabang perlombaan yang diikuti oleh pelajar SMA tingkat nasional, yaitu karya tulis ilmiah, video kreatif, desain poster, olimpiade sejarah hingga lomba ranking 1.

Kegiatan yang dibarengi dengan semangat antusias peserta dari Provinsi Lampung hinga luar Provinsi Lampung ini berjalan amat meriah.

Peserta dari luar Provinsi Lampung di antaranya SMA Negeri 1 Gorontalo, SMA Negeri Senduro Lumajang, hingga MAS Subulussalam 2 Sumatra Selatan.

Hasil perlombaan dari cabang-cabang tersebut menghantarkan SMA IT Insan Mulia Boarding School, Pringsewu sebagai Juara Umum dengan perolehan, yakni Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah (Hafidzon Galih Pratama, M.Fatih Syam, dan Reza Rizqian Irsyad) dan Juara 2 Video Kreatif (Bunga Syafira Arif) yang berada dibawah bimbingan Ardian Fahri, S.Pd.

Kemudian Juara 1 Poster (Nashita Aynara), Juara 2 Ranking 1 (Asyafida Pahlawanidya Mustika), dan Harapan 1 lomba Rangking 1 (Hatta Marwa Bhakti) yang berada dibawah naungan Adriansyah, S.Pd.

Keberhasilan SMA IT Insan Mulia Boarding School menjadi sebuah kebanggaan dan prestasi di Pekan Sejarah IV yang diselenggarakan di Pogram Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Metro.

Menurut Adrian Fahri, S.Pd menyatakan, Keberhasilan yang diraih oleh siswa dan siswi SMA IT Insan Mulia Boarding School memerlukan persiapan yang sangat matang demi meraih prestasi pada acara Pekan Sejarah IV.

“Para siswa terus berlatih dan berkarya di dalam ekstrakulikuler yang mereka ikuti di sekolah sehingga ketika ada even tersebut dapat memberikan hasil maksimal,” ujar Adrian, Jumat (26/5/2023).

Sementara itu, Adriansyah S.Pd berharap, agar even perlombaan semacam ini bisa makin diperbanyak.

“Kami berharap agar even seperti Pekan Sejarah IV di Universitas Muhammadiyah Metro menjadi contoh agar even-even serupa dapat lebih banyak lagi diselenggarakan oleh institusi atau lembaga lain yang ada di Provinsi Lampung,” kata Adriansyah.

Ia melanjutkan, hal itu bertujuan agar dapat menjadi wadah dalam mewujudkan kesadaran sejarah serta memberikan edukasi mengenai budaya dan sejarah Lampung ke masyarakat.

“Dengan meningkatnya kesadaran sejarah, masyarakat Lampung dapat menghargai identitas budaya mereka sendiri, menjaga warisan leluhur, dan merangkul perubahan dengan pemahaman yang kuat tentang akar sejarah mereka,” terang Adriansyah.

“Dengan demikian, Lampung akan terus menjadi daerah yang kaya akan warisan sejarah yang dipersembahkan untuk masa depan,” pungkasnya. (Agus Yulianto)

Artikel ini telah dibaca 168 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jembatan Penghubung Pekon Betung ke Pematang Sawa Tanggamus Kembali Ambruk

3 March 2024 - 11:41 WIB

Diikuti Ratusan Peserta di Buka Pj Bupati, Tanggamus Run Perkenalkan Wisata dan Potensi UMKM Sambut HUT 27 Bumi Begawai Jejama

3 March 2024 - 11:21 WIB

Kadis Kesehatan Dampingi Pejabat Bupati dalam Acara Baksos Operasi Bibir Sumbing, Sambut HUT ke 27 Tanggamus

3 March 2024 - 09:49 WIB

Tingkatkan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas Gelar Jumat Curhat di Rejosari Ulu Belu

2 March 2024 - 21:36 WIB

Cooling System Pemilu 2024, Kapolres Tanggamus Silaturahmi ke Ketua MUI 

2 March 2024 - 21:00 WIB

Polres Tanggamus akan Operasi Keselamatan Lalu Lintas, Catat Tanggal dan Sasarannya !

2 March 2024 - 19:26 WIB

Trending di Lampung