Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 28 May 2023 15:07 WIB ·

Bersama Warga dan Sejumlah Pihak, Kakon Tekad Tanggamus Bersihkan Tumpukan Sampah di Dusun I


 Kolase Foto : Pembina FWK-KT Mengawasi Operator Alat Berat Bekerja Membersihkan Sampah, Imbauan Kakon dan Kondisi Jalan Setelah Dibersihkan dari Sampah Yang Menumpuk, Sabtu 27 Mei 2023. (Mustar Arifin/Media Prioritas). Perbesar

Kolase Foto : Pembina FWK-KT Mengawasi Operator Alat Berat Bekerja Membersihkan Sampah, Imbauan Kakon dan Kondisi Jalan Setelah Dibersihkan dari Sampah Yang Menumpuk, Sabtu 27 Mei 2023. (Mustar Arifin/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Tanggamus – Upaya bersihka tumpukan sampah di Blok I, Pekon Tekad Kecamatan Pulau Panggung saat berkeliling kampung. Kakon Tekad Tuti Arifin menggandeng sejumlah pihak dan masyarakat untuk melakukan gotong royong pembersihan.

Pasalnya, tumpukan sampah tersebut terlihat mengotori jalan dusun setempat dengan bau yang menyengat sehingga apabila terus dibiarkan akan menjadikan sumber penyakit untuk masyarakat sekitar.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan kemarin, Sabtu 27 Mei 2023 itu, tampak hadir sejumlah tokoh berjibaku di lokasi diantaranya Kadis PMD Tanggamus, Arpin yang menjadi bagian warga Tekad, Bhabinkamtibmas Polres Tanggamus, Aipda H. Epri Mohansyah dan tokoh setempat Agus Ciek.

Selain para pria, Tuti Aripin bahkan mengajak para “emak-emak” PKK serta sejumlah warga wanita lainnya sehingga dalam gotong royong tersebut terlihat suasana keakraban dan kekeluargaan antara Kakon serta warganya.

Lantaran tumpukan sampah yang sudah tak dapat dikendalikan, Agus Ciek selaku Pembina Forum Wartawan Kompeten Kabupaten Tanggamus (FWK-KT) bahkan menerjunkan satu alat berat untuk menyisir sampah yang menggunung.

Alhasil, pembersihan menggunakan alat berat itu dapat menyelesaikan tugas dengan baik sehingga jalanan dusun I tampak kembali asri, selanjutnya dilakukan pemasangan spanduk larangan buang sampah sembarangan.

Atas pembersihan sampah tersebut, Kakon Tuti Arifin, mengimbau masyarakat sadar pentingnya kebersihan sehingga terhindar dari polusi udara dan penyakit serta kebersihan juga sebagian daripada iman.

“Tentunya melalui gotong royong, terciptanya kebersamaan dan tidaklah mungkin akan tertanggulangi jika program ini hanya mengandalkan kepala pekon dan aparat pekon saja,” kata Tuti Aripin, Minggu 28 Mei 2023.

Kegiatan itu diapresiasi, Arpin selaku Kadis PMD Tanggamus yang juga merupakan tokoh pekon setempat sebab aksi gotong royong bersih-bersih juga merupakan program pemerintah.

“Kami bangga karna kepala pekon dan warga hingga pengusaha disini bersama-sama melaksanakan program pemerintah kabupaten sampai tingkat pekon,” kata Arpin.

Arpin menambahkan, menurut pihak pekon tekad bahwa akan disediakan tempat pembuangan sampah yang layak dan berharap masyarakat nantinya dapat menggunakannya.

“Mudah-mudahan tempat pembuangan sampah disini segera terealisasi dan masyarakat dapat memanfaatkannya dengan baik,” tandasnya.

Ditempat sama, Bhabinkamtibmas Aipda Hi Epri Mohansyah mengimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Setelah ini dilakukan pembersihan, maka kami imbau masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan karena dapat menimbulkan penyakit,” imbaunya.

Agus Ciek selaku Pembina FKW-KT, menyampaikan bahwa sesuai arah organisasi yang diinisiasinya adalah organisasi wartawan yang concern kepada kegiatan sosial maupun kegiatan pembangunan.

“Seiring dengan kegiatan organisasi yang selalu menitik beratkan kegiatan sosial, sehingga menjadi kewajiban kami dan terkait alat berat juga operasionalnya murni dari kami FWK-KT,” tegasnya. (Mustar Arifin)

Artikel ini telah dibaca 95 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Tulang Bawang Gelar Pojok Pilkada, AKBP James Jelaskan Tujuan Utamanya

23 May 2024 - 15:55 WIB

Kapolda Lampung Beri Instruksi Tim Rescue dan Patroli Perairan untuk WSL Krui Pro 2024

23 May 2024 - 12:40 WIB

Kementerian Agama Tanggamus Gelar Rakor Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji 1445 H/2024 M

23 May 2024 - 10:14 WIB

Sudah Memakan Korban Jiwa, Harimau Pemangsa Manusia di Lampung Barat Ditangkap Tim Gabungan

23 May 2024 - 10:04 WIB

Pejabat Bupati Tanggamus Hadiri Pekan Raya Lampung 2024 di PKOR Way Halim

23 May 2024 - 09:46 WIB

Pembangunan Jalan Usaha Tani Salah satu Program Prioritas Pekon Rajabasa

23 May 2024 - 08:28 WIB

Trending di Lampung