Menu

Mode Gelap
 

Jawa Tengah · 29 May 2023 10:51 WIB ·

Gandeng DPPKBP2PA, Satgas Binluh Polres Tegal Kota Sosialisasikan Pencegahan Radikalisme


 Polres Tegal Kota dan DPPKBP2PA Kota Tegal bersama Usai Sosialisasi di SMK Negeri 3 Kota Tegal, Senin (29/5/2023). (Dok : Polres Tegal Kota). Perbesar

Polres Tegal Kota dan DPPKBP2PA Kota Tegal bersama Usai Sosialisasi di SMK Negeri 3 Kota Tegal, Senin (29/5/2023). (Dok : Polres Tegal Kota).

Prioritastv.com, Jawa Tengah – Untuk mencegah penyebaran paham radikalisme di lingkungan sekolah. Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP2PA) Kota Tegal bersama Polres Tegal Kota gelar sosialisasi ke sejumlah sekolah di Kota Tegal.

Kali ini, pelaksanaan sosialisasi bertempat di Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri dan SMK Negeri 3 Kota Tegal, Senin (29/5/2023). Dengan menghadirkan sejumlah narasumber, salah satunya dari Sat Binmas Polres Tegal Kota.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Operasi Bina Waspada Candi 2023 yang di gelar secara serentak oleh jajaran Kepolisian Republik Indonesia.

Kapolres Tegal Kota melalui Kasatgas Binluh AKP Didik Guntoro mengatakan, pihaknya menggelar sosialisasi kepada siswa-siswi SMK Negeri 3 dan SUPM Negeri Kota Tegal. Hal ini bertujuan agar para siswa dapat memahami dan menghindari ajaran yang berpotensi merusak moral anak bangsa.

Ia juga berharap melalui kegiatan ini, para siswa-siswi SMK 3 dan SUPM dapat memahami betapa berbahayanya paham radikalisme, anti Pancasila dan terorisme.

“Dengan pemahaman yang baik, mereka dapat menjauhkan diri dari paham-paham yang dapat membahayakan diri sendiri dan lingkungan sekitar,” ujar AKP Didik.

Dalam kegiatan tersebut, anggota Satgas Binluh dari Satbinmas Polres Tegal Kota memberikan materi pemahaman kepada para siswa. Yaitu tentang bahaya radikalisme dan ajaran yang bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.

Mereka menjelaskan konsekuensi negatif yang dapat timbul akibat paham-paham tersebut. Serta dampaknya terhadap kehidupan sosial dan keamanan negara.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini, kami berusaha mengajak para siswa untuk memahami dan mempertahankan pentingnya nilai-nilai Pancasila. Kami ingin mereka menjadi agen perubahan positif dalam masyarakat dan menghindari pengaruh buruk dari paham radikalisme. Yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa,” jelas AKP Didik.

Paham Radikalisme, Wujud Ancaman Nyata Bagi Keutuhan NKRI

Secara umum, radikalisme dapat diartikan sebagai pemahaman dan perilaku yang menggunakan kekerasan dalam menanggapi perbedaan, memecahkan masalah, atau mencapai tujuan.

“Radikalisme merupakan akar dari terorisme. Radikalisme dan terorisme merupakan ancaman nyata bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” tegasnya.

Untuk itu peran pelajar dan anak muda sangat penting dalam upaya mencegah penyebaran paham radikalisme.

“Peran siswa sangat penting karena masyarakat menilai pelajar sebagai kaum intelektual dan contoh bagi masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, anak-anak muda dan siswa-siswi juga merupakan agen perubahan sekaligus generasi penerus bangsa.

“Maka, penting bagi mereka untuk mendapatkan pemahaman dan wawasan yang lebih tentang ilmu agama. Supaya para siswa bisa membantu mewujudkan kerukunan antar-umat beragama,” pungkas AKP Didik. (Faizal)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polisi Tangkap, Tiga Pengeroyok Wartawan Online di Tulang Bawang

24 February 2024 - 14:07 WIB

Satu Tewas dan Tiga Luka Kecelakaan Tragis Depan RS Mitra Husada Pringsewu

24 February 2024 - 13:14 WIB

Dicari Pria Terekam CCTV Pengambil HP di Warung Dekat Pom Bensin Kota Agung

24 February 2024 - 12:05 WIB

Harimau Lampung Barat Akan Ditangkap, Warga Diimbau Pakai Topi Tebalik

24 February 2024 - 10:20 WIB

Irsi Jaya, Caleg PPP Dapil 4 Tanggamus Peroleh Suara Real Pleno di 3 PPK, Melengang Anggota DPRD

24 February 2024 - 09:44 WIB

Selisih Suara, Alief Chandra Gerindra Geser M Yossardo Partai Persatuan Pembangunan di Dapil 3 Tanggamus

24 February 2024 - 07:56 WIB

Trending di Lampung