Menu

Mode Gelap
 

Destinasi Wisata · 18 Jun 2023 19:22 WIB ·

Serunya Spot Mancing di Dermaga Batu Balai Tanggamus Lampung


 Para Angler saat Strike Serbuan Ikan Lemuru (Cekong) di Dermaga Batu Balai, Ketapang, Limau, Tanggamus, Lampung, Minggu 18 Juni 2023. (Herdi/Media Prioritas). Perbesar

Para Angler saat Strike Serbuan Ikan Lemuru (Cekong) di Dermaga Batu Balai, Ketapang, Limau, Tanggamus, Lampung, Minggu 18 Juni 2023. (Herdi/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Tanggamus – Dermaga Batu Balai di Pekon Ketapang Kecamatan Limau menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat penghobi mancing di area-area aman, bahkan banyak datang dari luar Tanggamus.

Dermaga tersebut cukup nyaman tersebut sejak subuh telah dipenuhi joran pancing dari para “angler” seperti melatih kesabaran dan sesekali mengangkat joran pancing ketika, tanda umpan ditarik target.

Suatu yang menarik bagi para pemacing tradisonal itu juga, lantaran dermaga yang cukup luas dan tentunya ketika jam-jam tertentu rombongan ikan menyerang umpan, baik umpan sintetis sejenis bulu maupun umpan cumi dan udang.

Pantauan di lokasi, ketika gerombolan ikan mulai terjebak umpan, maka menjadi kebahagaian sendiri bagi mereka, terlebih pancing jenis rawai tak henti menjerat ikan-ikan jenis kiter, selar bentong dan ikan lemuru (cekong) yang biasa bergerombol.

Tak hanya pemancing dewasa, anak-anak yang dalam proses belajar mancing juga tak kalah serunya menikmati spot mancing batu balai sehingga menambah keseruan bahkan keakraban terjalin antara sesama penghobi.

Daya tarik lainnya, dermaga batu balai juga merupakan tempat yang aman tanpa gangguan keamanan sehingga pemancing merasa nyaman baik ketika melintasi menuju lokasi maupun saat memancing ikan. Bahkan untuk masuk kesana tidak ada pungutan apapun.

Seperti yang disampaikan Herman, selaku keamanan dermaga batu balai bahwa pemancing yang datang selain dari wilayah Tanggamus bahkan ada dari Pringsewu hingga Pesawaran.

“Sebagian besar para pemancing tradisonal dari wilayah Tanggamus, namun sering kali dari Pringsewu maupun Pesawaran,” kata Herman di lokasi dermaga, Minggu 18 Juni 2023.

Sambungnya, selain para penghobi mancing untuk konsumsi pribadi, ada juga beberapa yang pemancing ikan yang hasilnya untuk dijual sehingga kadang mereka menginap di dermaga tersebut.

Kesempatan itu Herman berharap adanya perhatian pemangku kepentingan khususnya area lapangan parkir di Batu Balai sebab lokasi tersebut ditumbuhi ilalang.

“Ya kalo bisa ilalang disini dibersihkan sehingga menambah daya tarik pemancing, harapannya semakin ramai pengunjung,” tandasnya.

Sarijo, Pemancing asal Kecamatan Kota Agung Timur, mengatakan bahwa spot mancing batu balai sangat menarik dan aman bahkan dirinya datang sejak malam hari sehingga menghasilkan satu tempat ikan untuk dibawa pulang.

“Saya dari jam 8 malam selepas sholat isa datang, Alhamdulillah ada rezekinya termasuk tadi serangan ikan bentong juga dapet satu plastik,” kata Sarijo.

Sambungnya, bahwa ia memang sering datang untuk menyalurkan hobinya mancing terlebih ketika musim ikan. “Disini sering, yang didapat sesuai musim ikan, dan kadang juga tidak dapat,” ujarnya.

Ditambahkannya, bahwa di lokasi sangat aman tanpa gangguan apapun. “Kalo masalah keamanan ya aman, enggak ada masalah kisruh ini itu, enggak ada,” tutupnya.

Pemancing lainnya, Julian asal Kecamatan Gisting mengaku bahwa melakukan hobinya ketika dirinya libur bekerja bahkan datang sejak Sabtu 17 Juni 2023 pukul 17.00 WIB.

“Alhamdulillah kita dapat kiter, bentong dan cekong. Kita libur kerja mancing untuk dikonsumsi sendiri,” ucapnya. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 137 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kapolda Lampung Beri Instruksi Tim Rescue dan Patroli Perairan untuk WSL Krui Pro 2024

23 May 2024 - 12:40 WIB

Kementerian Agama Tanggamus Gelar Rakor Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji 1445 H/2024 M

23 May 2024 - 10:14 WIB

Sudah Memakan Korban Jiwa, Harimau Pemangsa Manusia di Lampung Barat Ditangkap Tim Gabungan

23 May 2024 - 10:04 WIB

Pejabat Bupati Tanggamus Hadiri Pekan Raya Lampung 2024 di PKOR Way Halim

23 May 2024 - 09:46 WIB

Pembangunan Jalan Usaha Tani Salah satu Program Prioritas Pekon Rajabasa

23 May 2024 - 08:28 WIB

Balai Pekon Betung Pematang Sawa Diresmikan Camat

22 May 2024 - 19:38 WIB

Trending di Lampung