Menu

Mode Gelap
 

Daerah Istimewa Yogyakarta · 28 Jun 2023 11:30 WIB ·

Tanpa Lintasan Zig Zag dan Angka 8, Begini Usulan Konsep Uji Praktek SIM C dari Polres Bantul


 Kolase Foto Rangkaian Ujian Praktek SIM Model Baru Yang Ditawarkan Polres Bantul, DIY. Senin 26 Juni 2023. (Faizal/Media Prioritas). Perbesar

Kolase Foto Rangkaian Ujian Praktek SIM Model Baru Yang Ditawarkan Polres Bantul, DIY. Senin 26 Juni 2023. (Faizal/Media Prioritas).

Prioritastv.com, DIY – Polres Bantul, Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) membuat konsep baru ujian praktik pembuatan surat izin mengemudi (SIM) C untuk pengendara sepeda motor.

Konsep tersebut berbeda dengan yang selama ini pembuat sim lakoni, pasalnya dalam konsep baru uji praktik SIM C Polres Bantul ini, peserta tak perlu melintasi jalur zig-zag dan jalur angka delapan.

Menurut Kepala Polres Bantul AKBP Ihsan bahwa, konsep baru ujian SIM C itu menekankan kompetensi berkendara dari tiga aspek.

“Tiga aspek tersebut yakni pengetahuan, keterampilan, dan perilaku. Selain itu, ujian SIM ini menjadi sarana edukasi bagi warga mengenai rambu-rambu lalu lintas,” kata AKBP Ihsan, Selasa 27 Juni 2023.

Ia menerangkan, ujian praktik SIM C selama ini tak linier dengan ujian teori yang membahas marka jalan, rambu lalu lintas, dan sebagainya.

”Pada saat praktik, selama ini lebih ke skill atau keterampilan, bagaimana keterampilan melewati angka delapan, kemudian zig-zag,” ujarnya.

AKBP Ihsan pun menilai konsep baru uji praktik SIM kendaraan sepeda motor roda dua ini lebih praktis daripada ujian yang saat ini diterapkan. Sebab, ujian praktik akan dilaksanakan dalam satu rangkaian.

Polda Daerah Istimewa Yogyakarta mengaku bakal meneruskan usulan tersebut ke Mabes Polri.

“Nanti akan kami kembangkan di tingkat Polda DIY, dan mudah-mudahan ide dari Bantul itu bisa disampaikan ke tingkat Mabes Polri. Kalau cocok, bisa diberlakukan secara nasional, itu harapannya,” kata Wakapolda DIY Brigjen R. Slamet Santoso. (Faizal)

Artikel ini telah dibaca 18 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Tulang Bawang Gelar Pojok Pilkada, AKBP James Jelaskan Tujuan Utamanya

23 May 2024 - 15:55 WIB

Pejabat Bupati Tanggamus Hadiri Pekan Raya Lampung 2024 di PKOR Way Halim

23 May 2024 - 09:46 WIB

Polsek Banjar Agung Ungkap Kasus Pencurian di Salah Satu Kontrakan, Kompol Harahap: 4 Pelaku Dibekuk Dengan Peran Masing-Masing

22 May 2024 - 13:58 WIB

Ini Identitas Korban Kecelakaan Bus Study Tour Masuk Jurang di Sedayu Tanggamus

22 May 2024 - 12:12 WIB

Breakingnews : Bus Study Tour MIN Pesisir Barat Kecelakaan di Tanggamus, Lima Orang Dirujuk ke RS

22 May 2024 - 08:55 WIB

Div Humas Polri Gelar Literasi Kontra Radikal di Tulang Bawang, AKBP James: Terorisme Musuh Kita Bersama

21 May 2024 - 14:37 WIB

Trending di Lampung