Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 29 Jun 2023 17:27 WIB ·

Miris…Alat Berat Tak Kunjung Datang, Gunakan Property Seadanya Tim Gabungan Buka Jalinbar Tanggamus


 Petugas Gabungan dan Warga saat Menutup Jalan Licin Gunakan Alat dan Material Seadanya di  Jalinbar Semaka Tanggamus, Kamis 29 Juni 2023. (Edi Hidayat/Media Prioritas). Perbesar

Petugas Gabungan dan Warga saat Menutup Jalan Licin Gunakan Alat dan Material Seadanya di Jalinbar Semaka Tanggamus, Kamis 29 Juni 2023. (Edi Hidayat/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Tanggamus – Hingga sore hari tim gabungan terus bekerja membuka satu persatu jalan kendaraan yang melintasi Jalan Lintas Barat Kabupaten Tanggamus yang tertutup material, Kamis 29 Mei 2023.

Pantauan di lokasi, dua titik jalan telah terbuka dan dilintasi kendaraan, namun sayang di lokasi Dusun Sukarami Pekon Way Kerap Kecamatan Semaka masih tampak gundukan material tanah liat menutup jalan.

Tampak juga, personel gabungan TNI Kodim 0424 Tanggamus, Polres Tanggamus, masyarakat dan sejumlah relawan, bahu membahu membuka jalan dengan alat seadanya yakni cangkul guna membuang material dan karung untuk mengambil batuan menutup jalan becek.

Mirisnya, informasi telah disampaikan kepada pihak-pihak terkait bahwa urgensi penanganan Jalinbar maupun kondisi material lainnya yang menutup rumah-rumah warga butuh perhatian khusus namun tak satupun alat berat yang datang hingga pukul 17.30 WIB.

Kondisi ketiadaan alat berat, tentunya sangat dikeluhkan oleh pengguna jalan maupun masyarakat yang membutuhkan kecepatan penanganan sehingga bencana segera tertangani.

“Kami mohon bantuannya, untuk warga pekon kami. Kami butuh alat berat di pekon srikaton, semaka,” kata Rohman kepada Media Prioritas, Kamis 29 Juni 2023 pagi.

Rohman mengaku kecewa atas langkah penanganan pemerintah kabupaten tangggamus yang lambat menangani bencana yang terjadi, baik dengan dalih cuti maupun lebaran.

“Kami sangat kecewa atas lambatnya penanganan, bagaimana kalo nanti malam kembali hujan dan air menerjang rumah-rumah kami,” keluhnya.

Keluhan juga disampaikan Wandi, selaku pengguna jalan, yang telah berjam-jam menunggu terbukanya jalan yang sangat lambat, padahal jalan lintas barat adalah jalan utama yang harusnya ditangani dengan cepat.

“Kalo saya liat sangat lambat, dari pagi belum ada alat berat. Untung saja ada petugas gabungan yang pelan-pelan membuka jalan,” kesalnya.

Berdasarkan keterangan salah satu petugas BPBD Tanggamus, ketiadaan alat berat hanya dipicu operator yang sedang cuti, namun mereka tidak mengambil langkah-langkah terbaik seperti sewa atau rental. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 156 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Program Peta Desa Digital 2023 Bermasalah, 100 Pekon Diistruksi Inspektorat Kembalikan Dana ke Kas Pekon

5 March 2024 - 22:08 WIB

Prestasi Gemilang Faqih Al Azim, Satu Putra Terbaik Kota Agung Timur Tanggamus Raih Emas Kejuaraan Internasional Karate Jakarta

5 March 2024 - 21:59 WIB

Viral..Oknum Camat di Ogan Ilir Sumsel Diduga Mesum dengan Anak Buah di Kantor

5 March 2024 - 21:52 WIB

PLT Kadis Perhubungan Tanggamus Hadiri Pembukaan Diklat Keselamatan Dasar Kapal Layar Motor dan SKK-60 di Pringsewu

5 March 2024 - 20:20 WIB

Kabupaten Tanggamus Terima Penghargaan Plakat Adipura Tahun 2023

5 March 2024 - 19:12 WIB

Meski PDI-P 10 Kursi, Caleg DPRD Tanggamus Suara Tertinggi di Pemilu 2024 asal PKB, Ini Peringkatnya ?

5 March 2024 - 11:04 WIB

Trending di Lampung