Menu

Mode Gelap
 

Kalimantan Barat · 4 Jul 2023 12:40 WIB ·

Kapolres Bengkayang Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2023


 Kapolres Bengkayang Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Dalam Rangka Pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2023 Perbesar

Prioritastv.com, Bengkayang, Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, memimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2023 di Kabupaten Bengkayang.

Apel yang digelar dihalaman Mapolres Bengkayang pada Selasa (4/7/23) pagi tersebut diikuti Pju Polres Bengkayang, Kapolsek Jajaran Polres Bengkayang, Personel Polres Bengkayang serta 3 Pleton Pengamanan Pilkades.

Dalam amanatnya, Kapolres mengatakan bahwa pergeseran pasukan pengamanan oleh Polri langsung menuju ke TPS dan diperkuat dengan personel TNI sesuai rayonisasi yang telah ditentukan.

“Peran Polri, TNI bersama seluruh stakeholder mengawal dan mengamankan setiap proses tahapan Pilkades Serentak Tahun 2023 guna menciptakan Pilkades yang aman dan kondusif,” ujar Kapolres.

“Tentunya didukung dengan kesiapan personel pengamanan maupun kelengkapan sarana dan prasarana,” tambah Kapolres.

Kapolres juga menyampaikan bahwa tata cara aturan Pilkades tertera dalam Perbub Bengkayang Nomor 110 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis Pilkades di Kabupaten Bengkayang.

Menurutnya potensi gangguan yang harus dicegah dalam pelaksanaan Pilkades diantaranya praktek kecurangan oleh oknum seperti penyelenggara, pemilih dan TPS yang harus mendapat perhatian bagi Polri mengawal dan mengamankan saat pemungutan maupun perhitungan suara di TPS.

Oleh karena itu, ia berharap kepada personel pengamanan untuk menyiapkan mental dan fiisik dengan dilandasi komitmen moral dan disiplin tinggi dalam memberikan pelayanan dan pengamanan kepada masyarakat, dan memetekan setiap kerawanan serta lakukan deteksi dini dengan optimalkan fungsi Intelijen meliputi penggalangan guna mengatasi setiap permasalahan.

Adapun pada pengamanan pilkades ini, Polres Bengkayang menyiapkan 291 Personel yang terdiri dari Pimpinan 20 Personel, Koordinator 1 Personel, Pamatwil 9 Personel, Perwira pengendali 9 Personel, Perangkat Posko 14 Personel, Satgas Preemtif 12 Personel, Satgas Preventif 41 Personel, Satgas Gakkum 23 Personel, Satgas Banpam 77 Personel dan Pam TPS 85 Personel.

Sedangkan Kecamatan diKabupaten Bengkayang yang melaksanakan Pilkades sebanyak 9 Kecamatan, dengan total DPT 36.418 jiwa, 143 TPS dan Calon Kepala Desa sebanyak 123 orang.

“Mari kita satukan tekad dan komitmen menjaga keutuhan bangsa dan negara dan membuktikan kepada masyarakat bahwa Polri bersama unsur Stake Holders mampu mengawal, mengamankan dan mensukseskan serta menjamin keamanan Pilkades Serentak Tahun 2023,”sampai Kapolres.

“Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan keselamatan dan keberkahan dalam pengamanan Pilkades Serentak Tahun 2023 yang aman, lancar, damai dan sejuk. Terima kasih dan selamat bertugas,” tutup Kapolres. (Siswanto)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terbukti Korupsi ADD, Kepala Pekon Sukamernah Tanggamus Divonis 4 Tahun 3 Bulan

25 July 2024 - 19:08 WIB

Hadiri Sidang Pemerasan Ketiga di PN Kota Agung, DPC Apdesi Tanggamus Beri Dukungan Anggotanya

25 July 2024 - 17:40 WIB

Semua Peratin di Lampung Barat Belum Sampaikan LHKPN ke KPK

25 July 2024 - 17:15 WIB

Kapolres Tulang Bawang Berikan Reward Kepada 21 Personel Berprestasi, Berikut Daftar Namanya

25 July 2024 - 14:50 WIB

Kedapatan Bawa Sabu, Oknum Kepala Desa di Pesisir Barat Lampung Ditangkap Polisi

25 July 2024 - 10:55 WIB

Hadapi El Nino, PJ Bupati Lampung Barat Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Padi

24 July 2024 - 21:27 WIB

Trending di Lampung