Menu

Mode Gelap
 

Kriminal · 9 Jul 2023 17:35 WIB ·

Ini Identitas Jambret Ditangkap Polisi Bersama TNI dan Warga di Tala Gening Kota Agung Barat Tanggamus


 Kolase Foto Barang Bukti dan Tersangka Jambret Yang Berhasil Ditangkap Polisi Bersama Warga dan TNI di Jalinbar Tala Gening, Kota Agung, Tanggamus, Sabtu 9 Julo 2023. (Dok : Polres Tanggamus). Perbesar

Kolase Foto Barang Bukti dan Tersangka Jambret Yang Berhasil Ditangkap Polisi Bersama Warga dan TNI di Jalinbar Tala Gening, Kota Agung, Tanggamus, Sabtu 9 Julo 2023. (Dok : Polres Tanggamus).

Prioritastv.com, Tanggamus – Polisi telah memberikan keterangan resmi penangkapan seorang tersangka pencurian dengan kekerasan (Curas) modus jambret di Jalan Lintas Barat Pekon Kota Agung Barat yang ditangkap bersama anggota TNI dan warga.

Menurut Kapolsek Kota Agung, AKP Made Sudastra mengatakan tersangka diketahui inisial RA (19) merupakan warga Pekon Bandar Kejadian Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus.

Penangkapan tersangka paska dilakukan pengejaran oleh warga bersama Polsek Kota Agung dan personel Intel Kodim, kemarin Sabtu 8 Juli 2023, sore.

Atas penangkapan tersebut terungkap, tersangka tak beraksi sendirian, namun bersama seorang rekannya inisial D yang tidak terkejar ketika kabur membawa sepeda motor ke arah Kota Agung Barat.

“Tersangka RA berhasil ditangkap di Jalan Baru Pekon Talagening Kecamatan Kota Agung Barat, dengan melibatkan masyarakat bersama personel Intel Kodim sekitar pukul 16.30 WIB,” kata AKP I Made Sudastra dalam keterangan tertulis yang diterima Media Prioritas, Senin 9 Juli 2023.

AKP I Made Sudastra menjelaskan, kronologis kejadian bermula korban bernama Agus Suhendri (51) warga Bengkunat, Pesisir Barat berjalan dari Bengkunat menuju Gisting dengan mengendarai sepeda motor honda beat, Sabtu, 8 Juli 2023, sekitar pukul 16.00 WIB.

Setibanya di jalan Raya Pekon Teba Bunuk, Kota Agung Barat tiba-tiba dari arah kiri ada sepeda motor memepet dan langsung menarik paksa tas korban berbahan kulit/kalep warna kuning yang diselempangkan dibahu kiri istrinya.

Kemudian, setelah ditarik tas berhasil diambil pelaku, kedua pelaku lari ke arah Kota Agung dan korban mengejar bersama isterinya, selanjutnya kedua pelaku terlihat masuk ke arah pekon gedung jambu.

Setelah dilakukan pengejaran bersama warga dan petugas terhadap diduga pelaku, hingga jalan dekat persawahan pekon gedung jambu, salah satunya terjatuh dan setelah dikejar sekitar seratus meter tersangka RA berhasil diamankan berikut barang bukti surat-surat berharga dan tas.

“Usai penangkapan tersangka, korban juga telah melakukan pelaporan secara resmi ke Polsek Kota Agung dan meminta kasus tersebut ditindaklanjuti,” jelasnya.

Lanjutnya, dalam perkara tersebut turut diamankan barang bukti berupa tas wanita berbahan kulit warna kuning berikut talinya, dompet hitam, dua lembar buku tabungan BRI dan satu ATM BRI, KTP, NPWP dan Kartu Vaksin milik korban.

“Barang bukti tersebut diamankan dari tangan RA saat tersangka berhasil ditangkap di TKP,” ujarnya.

Kapolsek mengungkapkan, berdasarkan keterangan tersangka RA, bahwa ia melakukan penjambretan bersama rekannya yang telah diketahui identitasnya dan saat ini masih dilakukan pengejaran.

“Dalam perkara tersebut tersangka RA berperan sebagai eksekutor, sementara rekannya yang kabur berperan membawa sepeda motor. Namun telah diketahui identitasnya, hingga saat ini masih dilakukan pengejaran,” ungkapnya.

Untuk mempertanggungungjawabkan perbuatannya, saat ini tersangka dan barang bukti ditahan di Mapolsek Kota Agung guna proses penyidikan lebih lanjut.

“Atas perbuatannya, tersangka RA dijerat pasal 365 KUHPidana, ancaman maksimal 9 tahun penjara,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar video di media sosial, penangkapan terduga pelaku Jambret oleh warga bersama petugas yang dinarasikan di Jalan Baru, Tala Gening, Kota Agung, Tanggamus.

Video tersebut diunggah akun Facebook Supriyanto di salah satu group dan hingga saat ini ratusan orang telah memberi komentar juga membagikannya.

“Alhamdulillah Jambret Ketangkap Massa Lagi, di Jalan Baru Talagening Kota Agung,” tulis Supriyanto.

Amatan pada video berdurasi, dua menit dua detik itu, tampak seorang pemuda tak mengenakan pakaian dengan kondisi terborgol dibawa oleh dua pria yang diketahui merupakan anggota TNI dan Polisi. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 840 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Tulang Bawang Gelar Pojok Pilkada, AKBP James Jelaskan Tujuan Utamanya

23 May 2024 - 15:55 WIB

Kapolda Lampung Beri Instruksi Tim Rescue dan Patroli Perairan untuk WSL Krui Pro 2024

23 May 2024 - 12:40 WIB

Kementerian Agama Tanggamus Gelar Rakor Persiapan Pemberangkatan Jamaah Calon Haji 1445 H/2024 M

23 May 2024 - 10:14 WIB

Sudah Memakan Korban Jiwa, Harimau Pemangsa Manusia di Lampung Barat Ditangkap Tim Gabungan

23 May 2024 - 10:04 WIB

Pejabat Bupati Tanggamus Hadiri Pekan Raya Lampung 2024 di PKOR Way Halim

23 May 2024 - 09:46 WIB

Pembangunan Jalan Usaha Tani Salah satu Program Prioritas Pekon Rajabasa

23 May 2024 - 08:28 WIB

Trending di Lampung