Menu

Mode Gelap
 

Jawa Tengah · 13 Jul 2023 11:04 WIB ·

Sosialisasikan Operasi Patuh Candi 2023, Polres Tegal Kota Gelar Talk Show Lewat Radio


 Sosialisasikan Operasi Patuh Candi 2023, Polres Tegal Kota Gelar Talk Show Lewat Radio Perbesar

Prioritastv.com, Kota Tegal – Operasi Patuh Candi 2023 baru saja berlangsung dan akan berakhir pada 23 Juli 2023 mendatang. Berkaitan hal tersebut, Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Tegal Kota terus menggelar sosialisasi dengan berbagai kegiatan.

Salah satunya dengan cara menggelar talk show atau on air melalui radio Sebayu FM dan Anita FM Kota Tegal pada Kamis (13/7/2023).

Kapolres Tegal Kota melalui Kasat Lantas AKP Mustakim menjelaskan, bahwa pada Operasi Patuh Candi 2023, yang menjadi obyek sasaran penindakan adalah pelanggaran yang bersifat fatalitas menimbulkan kecelakaan.

Salah satunya berkendara motor berboncengan lebih dari satu orang kemudian kendaraan yang kelebihan muatan (ODOL) dan pengendara yang dalam pengaruh alkohol secara berlebihan atau mabuk.

“Bagi pengendara setelah mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, sebaiknya jangan mengemudikan kendaraan sendiri. Sebab akan sangat berbahaya ketika memaksakan untuk berkendara,” jelas Kasat Lantas.

Tidak hanya itu, sasaran lainnya adalah pengendara yang tidak menggunakan helm. Lalu pengendara yang melawan arus, kendaraan berknalpot brong dan pengendara yang sambil menggunakan handphone. Selanjutnya pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman serta pengendara yang masih dibawah umur.

Sementara terkait sanksi atau penindakannya, mumenurut Kasat Lantas bisa dengan tilang elektronik atau ETLE. Petugas akan memfoto temuan pelanggarannya. Kemudian si pelanggar akan dikonfirmasi melalui surat yang dikirim ke rumah via kantor pos.

“Namun bisa pula dengan sanksi tilang manual, manakala secara kasat mata kita jumpai atau tertangkap tangan melanggar pada saat ada patroli petugas,” imbuhnya.

Kasat Lantas berharap dengan adanya Operasi Patuh Candi 2023, dapat menekan angka pelanggaran dan masyarakat sadar akan keselamatan saat berkendara.

“Kita akan menindak tegas kepada para pelanggar. Akan tetapi dengan mengedepankan sikap yang humanis. Harapannya, dengan penggelaran Operasi Patuh Candi 2023 ini, masyarakat semakin sadar dan tertib dalam berlalu lintas. Sehingga angka kecelakaan khususnya di wilayah Polres Tegal Kota semakin menurun,” pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ada Mantan Bupati, 7 Caleg Berpotensi Anggota DPRD Dapil 1 Tanggamus Usai Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Kabupaten

3 March 2024 - 16:04 WIB

Jembatan Penghubung Pekon Betung ke Pematang Sawa Tanggamus Kembali Ambruk

3 March 2024 - 11:41 WIB

Diikuti Ratusan Peserta di Buka Pj Bupati, Tanggamus Run Perkenalkan Wisata dan Potensi UMKM Sambut HUT 27 Bumi Begawai Jejama

3 March 2024 - 11:21 WIB

Kadis Kesehatan Dampingi Pejabat Bupati dalam Acara Baksos Operasi Bibir Sumbing, Sambut HUT ke 27 Tanggamus

3 March 2024 - 09:49 WIB

Tingkatkan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024, Bhabinkamtibmas Gelar Jumat Curhat di Rejosari Ulu Belu

2 March 2024 - 21:36 WIB

Cooling System Pemilu 2024, Kapolres Tanggamus Silaturahmi ke Ketua MUI 

2 March 2024 - 21:00 WIB

Trending di Lampung