Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 16 Jul 2023 22:26 WIB ·

Jalan Longsor di Pematang Sawa Tanggamus Sempat Tutup Akses Warga 8 Pekon


 Kolase Foto Jalan Longsor di Dusun Purwosari, Way Nipah, Pematang Sawa Longsor dan Saat Warga Dipimpin Kakon Aprial Melaksanakan Gotong Royong, (Insert) Jalan Motor Terbuka, Minggu 16 Juli 2023. (Sungatno/Media Prioritas) Perbesar

Kolase Foto Jalan Longsor di Dusun Purwosari, Way Nipah, Pematang Sawa Longsor dan Saat Warga Dipimpin Kakon Aprial Melaksanakan Gotong Royong, (Insert) Jalan Motor Terbuka, Minggu 16 Juli 2023. (Sungatno/Media Prioritas)

Prioritastv.com, Tanggamus – Jalan longsor menutup akses masyarakat di 8 pekon menuju Pekon Way Nipah sebagai ibu kota Kecamatan Pematang Sawa Kabupaten Tanggamus dari jalur pegunungan, maupun sebaliknya.

Pasalnya Longsor menutupi jalan di 2 titik jalan arah ke Dusun Purwosari tepatnya tanjakan bahar dengan panjang material 30 meter, ketinggian 3 meter dan lebar sekitar 8 meter, Minggu 16 Juli 2023, pagi.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun longsoran menimpa tiang listrik yang mengakibatkan aliran listrik putus ke Dusun Purwosari Pekon Waynipah, Pekon Pesanguan, Pekon Teluk Brak dan Pekon Karang Brak.

Berdasarkan keterangan Wawan selaku warga setempat, longsor terjadi sekitar pukul 05.00 WIB usai hujan lebat mengguyur daerah tersebut.

“Akibat longsor mobilitas warga dari delapan pekon yang akan menuju kecamatan ataupun Pekon Waynipah harus memutar jauh melewati Pekon Sukaraja atas turun ke Sedayu, sementara disana kondisi jalannya rusak,” kata Wawan kepada Media Prioritas.

Sementara itu, Camat Pematangsawa, Syaifuddin Syarif mengatakan, siang tadi pihaknya melakukan gotong royong bersama pemerintah Pekon dan masyarakat untuk membuka jalan akses sementara menggunakan alat seadanya hingga bisa dilalui oleh kendaraan roda dua.

“Untuk motor sudah bisa, tapi jalan masih  licin, jadi kami imbau pengendara motor harus hati-hati,” kata Syaifuddin.

Ia menambahkan, pihak PLN juga sudah melakukan perbaikan tiang dan kabel listrik yang terdampak, serta melakukan penebangan terhadap pohon-pohon yang mengganggu kabel-kabel listrik ataupun tiang-tiang listrik.

“Untuk aliran listrik sementara masih diputus, karena kondisi cuaca yang masih hujan,” tandasnya. (Sungatno)

Artikel ini telah dibaca 59 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PLT Kadis Perhubungan Tanggamus Hadiri Pembukaan Diklat Keselamatan Dasar Kapal Layar Motor dan SKK-60 di Pringsewu

5 March 2024 - 20:20 WIB

Kabupaten Tanggamus Terima Penghargaan Plakat Adipura Tahun 2023

5 March 2024 - 19:12 WIB

Meski PDI-P 10 Kursi, Caleg DPRD Tanggamus Suara Tertinggi di Pemilu 2024 asal PKB, Ini Peringkatnya ?

5 March 2024 - 11:04 WIB

KPU Tanggamus Finalisasi Hasil Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024, Catatkan Sejarah dan Penuh Kegembiraan

5 March 2024 - 09:37 WIB

Axel, Korban Hanyut di Sungai Way Bulok Pringsewu Ditemukan di Jogyakarta

5 March 2024 - 08:58 WIB

Ketua PPK Bulok Ngacir Usai Diperiksa Gakkumdu Tanggamus

5 March 2024 - 01:41 WIB

Trending di Lampung