Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 23 Jul 2023 01:28 WIB ·

Penipuan Via File APK, Ini Modus dan Cegah Agar Android Aman


 Tangkapan Layar Video Youtube PrioritasTV Terkait Modus Scam File Undangan Online, Minggu 23 Juli 2023. (Red). Perbesar

Tangkapan Layar Video Youtube PrioritasTV Terkait Modus Scam File Undangan Online, Minggu 23 Juli 2023. (Red).

Prioritastv.com, Tanggamus – Penipuan scam hacker online telah menyebabkan banyak korban. Dalam aksinya itu, pelaku penipuan menyematkan dokumen aplikasi apk atau format file aplikasi untuk ponsel android dengan nama surat undangan digital pernikahan.

Kekinian, terpantau di sejumlah group, para hacker menggunakan modus baru yakni memberikan keterangan terkait orang hilang, sehingga memantik anggota group yang tidak jeli akan mengklik file tersebut.

Jika tak jeli, penerimanya tak akan tahu kalau dokumen yang di-share merupakan undangan palsu yang digunakan untuk membobol data pribadi korban dan mengakses data perbankan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, walaupun belum ada kerugian keuangan para korban scam tersebut, namun akun whatsapp mereka sudah tidak dapat digunakan lantaran diambil alih sang hacker dengan menyematkan pin dan email mereka.

Trik para scam tersebut tidak jauh berbeda dengan penipuan modus kurir online yang sempat viral beberapa bulan yang lalu hanya ganti casingnya saja.

Modus tersebut dibongkar akun instagram @oyusep yang dijelaslannya bahwa mereka menggunakan akun telegram bot dengan username asli dari orang Indonesia.

“Karena sudah meresahkan sudah banyak korban. Saya akan bongkar modus penipuan scam hacker dengan modus undangan online. Pada hasil analisa mereka membuat website ini,” kata dia seperti dilihat Media Prioritas, Minggu 23 Juli 2023.

Dijelaskannya, bahwa mereka (scamer) membuat website sebagai tampilan undangan online, yang kemudian berubah menjadi aplikasi Android di dalam APK,” kata dia.

“Aplikasi ini membutuhkan 3 permission yang berarti dapat menerima, mengirim, dan membaca SMS. File tersebut akan mendapatkan permission dari pemilik handphone atau device yang akan dicuri OTP SMS nya,” tegasnya.

Nah untuk itu, agar terhindar dari modus penipuan berkedok undangan digital palsu, masyarakat diimbau untuk semakin cermat dan waspada, serta meningkatkan literasi digital.

Selain itu, masyarakat juga didorong untuk dapat membedakan file undangan pernikahan digital asli dan yang palsu.

Namun apabila, sudah terlanjur mengklik file dan memberikan izin pemasangan aplikasi, pengguna android harus segera mematikan data internet maupun jaringan wifi.

Selanjutnya, pengguna dapat menuju pengaturan handphone mencari aplikasi yang telah terpasang sesuai dengan nama file, semisal file apk yang diinstal adalah undangan maka aplikasi tersebut yang diuninstal. (Red)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Hari Kedua Perayaan Idul Adha 1445 H, Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Dialogis ke Sejumlah Tempat Rekreasi

18 June 2024 - 17:18 WIB

Polres Tulang Bawang Sembelih Belasan Hewan Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H

17 June 2024 - 19:18 WIB

Idul Adha 2024, Polda Lampung Kurban 44 Sapi dan Kambing

17 June 2024 - 13:20 WIB

Gelar Fun Run 5K Bhayangkara Presisi 2024, AKBP James: Peserta Yang Hadir Lampaui Target

16 June 2024 - 19:34 WIB

Lomba E-Sport Mobile Legend Meriahkan Hari Bhayangkara Ke-78 di Polres Tanggamus

16 June 2024 - 13:54 WIB

Mudik Idul Adha 2024: Kapolda Lampung Tekankan Keselamatan

15 June 2024 - 19:20 WIB

Trending di Bandar Lampung