Menu

Mode Gelap
 

Banyumas · 27 Jul 2023 23:06 WIB ·

Delapan Pekerja Terjebak di Tambang Emas di Ajibarang Jawa Tengah Kedalaman 125 Meter


 Kolase Foto Tambang Emas Runtuh Tertutup di Ajibarang Banyumas dan Petuga Menutup Celah-Celah Aliran Air Yang Berada di Sisi Pintu Lubang Tambang, Kamis 27 Juli 2023. (Faisal/Media Prioritas). Perbesar

Kolase Foto Tambang Emas Runtuh Tertutup di Ajibarang Banyumas dan Petuga Menutup Celah-Celah Aliran Air Yang Berada di Sisi Pintu Lubang Tambang, Kamis 27 Juli 2023. (Faisal/Media Prioritas).

Prioritastv.com, Jawa Tengah – Tambang emas rakyat di RT 05 RW 03 Desa Pancurendang Grumbul Tajur Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah runtuh pada Selasa (25/7) pukul 23.00 WIB.

Akibatnya delapan orang penambang terjebak reruntuhan di lubang tambang sebab air secara tiba-tiba datang dan menggenangi area pertambangan, sehingga tak dapat teridentifikasi kondisi korban.

Berdasarkan informasi yang diterima, lubang tambang tersebut terbagi dalam lima susun, masing-masing susun memiliki kedalaman 25 meter sehingga jika dihitung diduga lubang tersebut sedalam 125 meter.

Menurut Kepala Kantor SAR Cilacap selaku SAR Mission Coordinator (SMC), Adah Sudarsa, pihaknya <span;>menerima laporan kejadian ini pada Rabu 26 Juli 2023, siang.

“Kami berangkatkan rescuer dari Kantor SAR Cilacap dan USS Banyumas masing-masing satu tim untuk melaksanakan operasi pencarian dan pertolongan guna menyelamatkan para penambang yang terjebak di bawah tanah,” kata Adah.

Kantor SAR Cilacap juga telah mengupdate informasu hingga Kamis, 27 Juli 2023 pukul 11.30 WIB dengan melakukan upaya penyedotan air dari dalam lubang dan disiapkan penambahan mesin pompa untuk penyedotan air.

ESDM Provinsi Jawa Tengah menyiapkan kamera bawah tanah untuk melihat kondisi didalam lubang tambang, namun kondisi lubang tambang masih terus terdapat rembesan air

“Untuk saat ini masih belum bisa dilakukan proses evakuasi dengan menurunkan tim kedalam lubang tambang, Bupati Banyumas beserta rombongan sudah melakukan peninjauan ke lokasi tambang,” tegasnya.

Berdasarkan data yang diterima, para pekerja yang berada di lubang diantaranya, pertama; Cecep Suriyana (29) asal Desa Cisarua Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. kedua; Rama Abdur Rohman (38) asal Desa Cisarua Kecamatan Nanggung Kabupaten Bogor.

Ketiga; Ajat (29) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, Keempat; Mad Kholis (32) asal Desa Kiarapandak Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Kelima;  Marmumin (32) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor.

Keenam;  Muhidin (44) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. Ketujuh; Jumadi (33) asal Desa Cisarua Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor dan Kedelapa; Serta Mulyadi (40) asal Desa Kiarasari Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor. (Faisal)

Artikel ini telah dibaca 37 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Meski PDI-P 10 Kursi, Caleg DPRD Tanggamus Suara Tertinggi di Pemilu 2024 asal PKB, Ini Peringkatnya ?

5 March 2024 - 11:04 WIB

KPU Tanggamus Finalisasi Hasil Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2024, Catatkan Sejarah dan Penuh Kegembiraan

5 March 2024 - 09:37 WIB

Axel, Korban Hanyut di Sungai Way Bulok Pringsewu Ditemukan di Jogyakarta

5 March 2024 - 08:58 WIB

Ketua PPK Bulok Ngacir Usai Diperiksa Gakkumdu Tanggamus

5 March 2024 - 01:41 WIB

Tancap Gas, Pj Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan Ikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah

5 March 2024 - 01:28 WIB

Paska Pemilu 2024 di Pringsewu, Dua Korban Tenggelam di Sungai dan Bendungan

4 March 2024 - 23:07 WIB

Trending di Lampung