Menu

Mode Gelap
 

Bandar Lampung · 1 Aug 2023 01:43 WIB ·

Empowering The Next Generation Pelajar Lampung Berlangsung Sukses


 Empowering The Next Generation Pelajar Lampung Berlangsung Sukses Perbesar

 

Prioritastv.com, Bandar Lampung – Dalam memberdayakan generasi muda untuk menjadi pemimpin yang tangguh dan berpengaruh, Gebyar Pelajar Lampung menyelenggarakan kegiatan Student Leadership Camp Batch 4.

Bertajuk “Empowering The Next Generation”, kegiatan SLC Batch 4 ini diikuti oleh 75 finalis putra dan putri terbaik Lampung pada tanggal 28-30 Juli 2023 yang digagas Balai Guru Penggerak Provinsi Lampung, Sabtu 29 Juli 2023.

Pada kegiatan itu juga diisi pembahasan pentingnya peran pemuda dalam menyiapkan Indonesia Emas 2045 dengan pemateri, diantaranya pemaparan materi bincang intelektual oleh Lesti Putri Utami selaku Sekretaris komisi 2 DPRD Provinsi Lampung, Vittorio Dwison selaku Anggota Komisi 1 DPRD Provinsi Lampung dan Yanti Oktavia selaku perwakilan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Lampung.

Tak henti disana, sesi pemaparan materi juga disampaikan oleh Iqbal Ardiansyah selaku Ketua DPD KNPI Provinsi Lampung sekaligus Dewan Pembina GPL tentang pentingnya public speaking sebagai seorang pemimpin.

Iqbal menyampaikan, bahwa sebagai seorang pemimpin harus pandai dalam berbicara, karena untuk dapat meyakinkan seseorang serta dapat menghidupkan suasana, itu dapat dimulai dari membuka kegiatan.

Kemudian pemaparan materi Mental Health oleh dr. Nadia Meutia Ramadhani selaku Dokter Spesialis dermatovenereology dan Vice Sekretary Perdoksi Lampung yang membahas bahwa seorang pemimpin harus berpengaruh dan memiliki 4 karakter, yakni knowledge, melihat situasi, selalu berempati dan kemampuan beradaptasi.

Ia menyebut emimpin juga harus memiliki mental, dan jangan sampai mental yang sudah ada tersebut terganggu, karena apabila terganggu dapat menyebabkan dampak dalam keluarga, sekolah dan akses media sosial. Lalu Untuk menjaga mental harus membangun ruhaniah.

Materi lain diisi dengan penyampaian materi Charter building oleh Mapful selaku Kepala SMA YP Unila yang menjelaskan bahwa karakter adalah sikap mendasarkan pada nilai-nilai utama estetika yang tercermin dalam perilaku. Menurut nya tanpa karakter seseorang akan kehilangan arah dalam bersosialisasi, berjalan tanpa rambu dan aturan.

Selanjutnya, untuk memperdalam pengetahuan finalis, acara ini membahas tentang Kepemimpinan oleh Muhammad Rian Hidayat selaku Duta Genre Indonesia yang mengatakan bahwa pemimpin adalah mereka yang memberdayakan dan memperkuat orang lain. Seorang pemimpin tentunya memiliki gaya kepemimpinan masing-masing, diantaranya autocratic, democratic, laissez-faire dan transformational.

Sesi berikutnya pada materi Keorganisasian oleh H. Ahmad Wahyu, selaku Ketua Forum OSIS Nasional yang menjelaskan bahwa organisasi adalah wadah yang penting dan sangat berpengaruh dalam pengembangan diri, apalagi bagi pelajar. Menurutnya juga suatu organisasi akan berjalan itu dipengaruhi oleh pemimpin yang dapat membawa anggota-anggotanya dalam sebuah kerjasama.

Kemudian untuk mempersiapkan generasi yang aktif dalam usaha, dalam kegiatan SLC Batch 4 ini diberikan sesi materi terkait enterpreneur oleh Rizaldi Adrian, selalu owner Wira Garden.

Rizal berpesan agar tanamkan dalam mindset bahwa dalam bisnis atau usaha tidak terlepas dari aset dan omset. Jangan dilihat berapa besar aset dan omsetnya, tetapi lihat dari valuenya. Berpikir bagaimana dapat bermanfaat dan berguna bagi orang banyak.

Menurut Deriza Agung selaku Ketua Harian Gebyar Pelajar Lampung mengungkapkan bahwa ini adalah bentuk pemberdayaan dan pengharapan keberlanjutan untuk pelajar di provinsi Lampung.

“Ini sebagai bentuk upaya kita untuk pelajar di Lampung, semoga apa yang kita siapkan untuk mereka dengan materi-materi dalam kegiatan ini dapat diserap dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari dan berdampak untuk lingkungan sekitar,” kata Deriza. (Robby)

Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Iptu Sukarjo, KBO Sat Samapta Polres Tanggamus Meninggal Dunia di Tanah Suci

19 June 2024 - 08:44 WIB

Satu Rumah Warga Sumberejo Tanggamus, Kerugian Puluhan Juta

19 June 2024 - 08:29 WIB

Hari Kedua Perayaan Idul Adha 1445 H, Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Dialogis ke Sejumlah Tempat Rekreasi

18 June 2024 - 17:18 WIB

Polres Tulang Bawang Sembelih Belasan Hewan Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H

17 June 2024 - 19:18 WIB

Idul Adha 2024, Polda Lampung Kurban 44 Sapi dan Kambing

17 June 2024 - 13:20 WIB

Gelar Fun Run 5K Bhayangkara Presisi 2024, AKBP James: Peserta Yang Hadir Lampaui Target

16 June 2024 - 19:34 WIB

Trending di Lampung