Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 3 Mar 2024 11:41 WIB ·

Jembatan Penghubung Pekon Betung ke Pematang Sawa Tanggamus Kembali Ambruk


 Jembatan Ambrol di Pekon Betung, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, kemarin Sabtu 2 Maret 2024. Foto : Edi Hidayat/Media Prioritastv.com. Perbesar

Jembatan Ambrol di Pekon Betung, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, kemarin Sabtu 2 Maret 2024. Foto : Edi Hidayat/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Jembatan penghubung menuju Pekon Betung menuju Pekon Guring, Pekon Waynipah dan Kantor Kecamatan Pematangsawa maupun Puskesmas Waynipah di Kabupaten Tanggamus, nyaris terputus.

Pasalnya, bagian jembatan dengan panjang kurang lebih 10 meter kembali amblas dipicu oleh intensitas hujan yang cukup tinggi, sehingga mengakibatkan air menggerus pondasi jembatan darurat hingga akhirnya ambruk.

Menurut Kakon Betung, Sahyan, peristiwa itu terjadi sore tadi Sabtu, tanggal 02 Maret 2024, sekitar pukul 15.30 WIB. Namun tidak ada korban jiwa yang dilaporkan.

“Kerugian materi akibat peristiwa ini belum dapat dipastikan, namun situasi ini membutuhkan penanganan segera dari pihak terkait untuk membangun jembatan darurat,” kata Sahyan kepada Media Prioritastv.com.

Sahyan menyebut, hingga saat ini, jembatan yang amblas belum dapat dilalui oleh kendaraan Ran R2 atau R4, namun demikian ada jalan alternatif yang bisa digunakan adalah melalui jalan gang dusun Baturaja pekon Betung di Kecamatan Pematangsawa.

Mengingat, kondisi cuaca yang masih tidak menentu memperparah situasi ini, dikhawatirkan bahwa intensitas hujan yang tinggi dapat menyebabkan longsor yang lebih luas, sehingga diharapkan pemerintah segera mengambil tindakan.

“Harapannya segera diperbaiki, karna bisa mengancam jembatan tersebut dapat hanyut terbawa arus, selain itu jembatan alternatif juga kondisinya rawan amblas,” tutupnya.

Diketahui, jembatan tersebut juga pernah amblas paska anjir bandang menerjang Pekon Tanjungan dan Pekon Betung pada Kamis 30 Nopember 2023, dinihari.

Ambrolnya jembatan di Pekon Betung juga mengakibatkan satu sepeda motor Yamaha Vixion Nopol B 4023-NL terjatuh ke dalam sungai. Pengendara bernama Dedi (30) mengalami luka dagu 4 jahitan, penumpang Supri (39) mengalami luka lecet.

Jembatan sementara lalu dibangun melibatkan gotong royong masyarakat di 5 pekon wilayah setempat, pada Sabtu 16 Desember 2023 dan bertahan pada awal Maret 2024 ini. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 142 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Aksi Heroik Polisi Selamatkan Seorang Ibu Bawa Tiga Anak Hendak Terjun ke Laut Kota Agung Tanggamus

13 April 2024 - 18:58 WIB

Dipusat Kota, Destinasi Pantai Terbaya Tanggamus Dipenuhi Wisata Wisatawan

13 April 2024 - 17:15 WIB

Pelaku Curanmor Diamuk Massa di Masjid Teba asal BNS Tanggamus, Mengaku Sudah Tiga Kali Beraksi, Ini Identitasnya ?

13 April 2024 - 16:11 WIB

Samapta Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Perintis Presisi, Berikut Tiga Lokasi Yang Jadi Sasarannya

13 April 2024 - 14:19 WIB

Buronan Pembawa Kabur Motor Vespa Milik Warga Jakarta Ditangkap saat Bawa Pacarnya di Tanggamus

13 April 2024 - 11:17 WIB

Terapis Profesional Layani Pemudik di Pospam Kota Agung Tanggamus

12 April 2024 - 21:56 WIB

Trending di Lampung