Menu

Mode Gelap
 

Kriminal · 9 May 2024 11:17 WIB ·

Setahun DPO, Pelaku Curanmor Spesialias Area Kuda Kepang di Pringsewu, Pria asal Tanggamus Dibekuk di RS Mitra Husada


 Kolase Foto saat Tersangka Digiring ke Sel Tahanan Polsek Gading Rejo dan Barang Bukti Alat Bobol Motor serta Uang Palsu Yang Disita Darinya, Kamis 9 Mei 2024. Foto : Polres Pringsewu. Perbesar

Kolase Foto saat Tersangka Digiring ke Sel Tahanan Polsek Gading Rejo dan Barang Bukti Alat Bobol Motor serta Uang Palsu Yang Disita Darinya, Kamis 9 Mei 2024. Foto : Polres Pringsewu.

Prioritastv.com, Pringsewu, Lampung – Merasa sudah aman tak di cari Polisi, pria 30 tahun inisial YS warga Pekon Kebumen, Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus memberanikan diri mengunjungi keluarganya di RS Mitra Husada Pringsewu.

Beruntung, polisi yang sigap mengendus keberadaanya segera bergerak cepat menangkap pelaku yang masuk sudah berstatus Daftar Pencarian Orang (DPO) sejak Juli 2023 silam atas kasus Curanmor 3 motor di Gading Rejo, Pringsewu.

Saat penggeledahan, dari tangan pelaku polisi berhasil menyita sejumlah barang bukti kunci leter Y, dua magnet untuk membuka kunci kontak sepeda motor, dan dua kunci kontak sepeda motor.

Selain itu polisi juga menemukan uang palsu pecahan Rp50 ribu sebanyak tiga lembar yang disimpan di dalam tas selempang yang dibawa pelaku, yang diduga untuk transaksi.

Kapolsek Gadingrejo AKP Nurul Haq mengatakan, tersangka YS ditangkap saat berada di Area Rumah Sakit Mitra Husada Pringsewu pada Selasa, 7 Mei 2024 sekitar pukul 15.40 WIB.

“YS merupakan jaringan curanmor asal Tanggamus. Dia ditangkap karena ikut terlibat dalam kasus pencurian 3 unit sepeda motor di Pekon Yogyakarta Selatan pada 31 Juli 2023 silam,” kata Nurul Haq dalam keterangannya Minggu, 9 Mei 2024.

Nurul Haq menyebut, sepeda motor yang dicuri terdiri dari Honda Beat BE 2179 EW milik Devi Yuniarti warga Pekon Yogyakarta, Honda Vario BE 2993 UJ milik Soiman, warga Pekon Parerejo dan juga 1 unit sepeda motor Honda Beat yang belum diketahui pemiliknya.

“Saat dicuri ketiga sepeda motor tersebut sedang diparkirkan pemiliknya dihalaman rumah warga dan ditinggal nonton pertunjukan kuda kepang,” ujarnya.

Nurul Haq menjelaskan, pencurian itu dilakukan empat orang warga Tanggamus. Dua pelaku berinisial HN alias Kacel (31) dan HI alias Grandong (38) sudah ditangkap pada 10 Agustus 2023 dan saat ini masih menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan.

“Masih ada satu pelaku lain yang sudah diketahui identitasnya masih terus kami lakukan upaya penangkapan,” jelasnya

Selain terlibat pencurian motor di Pringsewu, Nurul Haq mengungkapkan bahwa pelaku YS dan kawanannya tersebut juga pernah melakukan pencurian sepeda motor di wilayah Kecamatan Sumberejo Tanggamus dan Wilayah Kecamatan Sukoharjo.

“Kawanan ini merupakan spesialis pelaku curanmor dengan sasaran kendaraan yang sedang diparkir dan ditinggalkan pemiliknya nonton hiburan organ tunggal atau pertunjukan kuda kepang,” bebernya

Kapolsek mengungkap, pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap YS. Ia juga mengatakan masih mendalami dugaan keterlibatan YS dalam sejumlah kasus curanmor di Pringsewu.

“Kami juga masih mendalami asal usul kepemilikan uang palsu yang dibawa pelaku tersebut,” ungkapnya

Selanjutnya, Kapolsek menyampaikan jika tersangka YS telah ditahan di rutan Polsek Gadingrejo, Polres Pringsewu.

“Dalam proses penyidikan perkara dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” tandasnya. (Samuel)

Artikel ini telah dibaca 1,724 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Iptu Sukarjo, KBO Sat Samapta Polres Tanggamus Meninggal Dunia di Tanah Suci

19 June 2024 - 08:44 WIB

Satu Rumah Warga Sumberejo Tanggamus, Kerugian Puluhan Juta

19 June 2024 - 08:29 WIB

Hari Kedua Perayaan Idul Adha 1445 H, Polres Tulang Bawang Gelar Patroli Dialogis ke Sejumlah Tempat Rekreasi

18 June 2024 - 17:18 WIB

Polres Tulang Bawang Sembelih Belasan Hewan Kurban di Momen Hari Raya Idul Adha 1445 H

17 June 2024 - 19:18 WIB

Idul Adha 2024, Polda Lampung Kurban 44 Sapi dan Kambing

17 June 2024 - 13:20 WIB

Gelar Fun Run 5K Bhayangkara Presisi 2024, AKBP James: Peserta Yang Hadir Lampaui Target

16 June 2024 - 19:34 WIB

Trending di Lampung