Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 2 Jun 2024 13:18 WIB ·

Ratusan Calon Haji Berjilbab Logo Tanggamus dan Peci Belah Ketupat, Dilepas Penuh Haru


 Foto Bersama Sebelum Pelepasan Jamaah Calon Haji Tanggamus Tahun 2024 di Komplek Pemkab Tanggamus, Minggu 2 Juni 2024. Foto : Herdi/Media Prioritastv.com. Perbesar

Foto Bersama Sebelum Pelepasan Jamaah Calon Haji Tanggamus Tahun 2024 di Komplek Pemkab Tanggamus, Minggu 2 Juni 2024. Foto : Herdi/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Ratusan mobil pribadi dan ribuan orang pengantar calon haji memadati jalan-jalan di areal Pemda Tanggamus. Para pengantar dengan penuh haru mengiringi keluarga mereka masing-masing dari kejauhan sampai menaiki kendaraan bus haji yang sudah disiapkan oleh panitia haji, Minggu 2 Juni 2024.

Pada pukul 02.00 WIB dini hari, calon haji Kabupaten Tanggamus diberangkatkan oleh PJ Bupati bersama Forkopimda disaksikan ribuan pengantar calon haji lainnya. Sebelum bus calon haji diberangkatkan, tim kesehatan Tanggamus memeriksa kesehatan para driver bus satu persatu, disaksikan oleh petugas kepolisian.

Menurut petugas kesehatan, Doni Setiawan, hasil tes dan pemeriksaan menunjukkan bahwa 9 driver bus calon haji semuanya sehat. “Hanya satu orang yang tekanan darahnya naik sedikit,” kata Doni Setiawan.

Dalam sambutannya, Kepala Kamenag Tanggamus Mahmuddin Aris Rayusman menyatakan bahwa pihaknya memenuhi ide kreatif PJ Tanggamus untuk adanya keseragaman dari jemaah haji Kabupaten Tanggamus.

“Kami berinisiatif memberikan jilbab berlogo Tanggamus untuk ibu-ibu, dan list kopiah berupa belah ketupat untuk pria,” ujarnya.

PJ Bupati Mulyadi Irsan mengucapkan terima kasih kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI atas terselenggaranya pelaksanaan haji tahun ini oleh Kantor Kemenag Tanggamus.

Ia mengapresiasi semangat dan antusias calon jemaah haji Tanggamus dan keluarganya meskipun acara digelar dini hari.

“Ini menandakan jemaah haji kita memiliki keyakinan dan iman yang kuat untuk memenuhi panggilan Allah melaksanakan haji di tanah suci,” kata Mulyadi Irsan.

Pelaksanaan haji tahun ini mengusung tema “Haji Ramah Lansia”, mengingat banyak jemaah yang masuk kategori lansia. Tempat pemondokan di Mekkah berjarak 4 km dari Masjidil Haram, yang cukup jauh, namun diyakini bahwa calon haji Tanggamus telah berniat melaksanakan ibadah dengan sungguh-sungguh.

“Semoga perjalanan ini dimudahkan, dilancarkan, dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” tambahnya. Mulyadi Irsan juga berpesan kepada petugas kloter untuk melayani jemaah haji dengan penuh ikhlas dan maksimal dalam kondisi apapun.

Setelah memberikan salam kepada calon haji, PJ Bupati dan rombongan mengiringi keberangkatan mereka menuju bus. Calon haji yang menggunakan kursi roda dan lansia didahulukan untuk menaiki bus, disusul oleh yang lainnya sesuai rombongan yang telah diatur oleh panitia haji.

Diketahui, tahun ini, Tanggamus memberangkatkan 335 orang calon haji, terdiri dari 160 pria dan 175 wanita. Calon haji tertua adalah Ibu Minten Marko (91 tahun 2 bulan) asal Kecamatan Pugung, sedangkan yang termuda adalah Hafizan Asmaun (21 tahun 8 bulan) dari Kecamatan Talang Padang. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 214 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Terbukti Korupsi ADD, Kepala Pekon Sukamernah Tanggamus Divonis 4 Tahun 3 Bulan

25 July 2024 - 19:08 WIB

Hadiri Sidang Pemerasan Ketiga di PN Kota Agung, DPC Apdesi Tanggamus Beri Dukungan Anggotanya

25 July 2024 - 17:40 WIB

Semua Peratin di Lampung Barat Belum Sampaikan LHKPN ke KPK

25 July 2024 - 17:15 WIB

Kapolres Tulang Bawang Berikan Reward Kepada 21 Personel Berprestasi, Berikut Daftar Namanya

25 July 2024 - 14:50 WIB

Kedapatan Bawa Sabu, Oknum Kepala Desa di Pesisir Barat Lampung Ditangkap Polisi

25 July 2024 - 10:55 WIB

Hadapi El Nino, PJ Bupati Lampung Barat Ajak Petani Tingkatkan Produktivitas Padi

24 July 2024 - 21:27 WIB

Trending di Lampung