Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 13 Nov 2023 16:24 WIB ·

Pemilik Tidur Lelap Satu Rumah Ludes, Tiga Terdampak Kebakaran Semaka Tanggamus Lampung


 Kolase foto saat peristiwa kebakaran yang diabadikan warga dan kondisi rumah korban yang rata tanah termasuk rumah tetangga yang terdampak, Senin 13 Nopember 2023. (Edi Hidayat/Media Prioritas) Perbesar

Kolase foto saat peristiwa kebakaran yang diabadikan warga dan kondisi rumah korban yang rata tanah termasuk rumah tetangga yang terdampak, Senin 13 Nopember 2023. (Edi Hidayat/Media Prioritas)

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Sebuah rumah milik Asnawi (35) di RT 02 RW 02 Pekon Sri Kuncoro Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus ludes dilalap jago merah dinihari tadi, Senin 13 Nopember 2023.

Akibat kebakaran rumah yang terjadi pada pukul 03.00 WIB ketika warga sedang tidur pulas, turut merembet ke tiga rumah tetangga diantaranya milikSamudin terbakar sekitar 20 persen, Satiri 20 persen dan Basri 10 persen.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 04.30 WIB, dengan kerugian korban Asnawi berupa barang berharga, dokumen, dan prabotan rumah tangga serta sepeda motor.

Menurut keterangan korban Asnawi, detik-detik kebakaran terjadi bermula sekitar pukul 03.00 WIB, mereka sekeluarga sedang terlelap tidur salah satu anggota keluarga terbangun karena hawa panas dari api.

Ketika sadar api sudah besar genting-genting sudah terjatuh jatuh, sehingga mereka langsung menyelamatkan anak-anak, namun ketika kembali hedak menyelamatkan barang-barang tetapi tidak berhasil.

“Hanya pakaian yang tersisa yang dipakai oleh korban dan keluarga. Untuk semua barang berharga termasuk kendaran tidak bisa diselamatkan,” kata Asnawi ditemui di lokasi kejadian.

Sementara itu, menurut Kapolsek Semaka Iptu Lusiyanto, pihaknya setelah mendapatkan informasi tersebut juga telah mendatangi TKP untuk menyelidiki penyebab kebakaran dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk membantu korban, termasuk pemeriksaan kesehatan dan pendataan kerugian.

“Berdasarkan keterangan saksi-saksi dan korban, kebakaran tersebut diduga akibat korsleting listrik dari bagian atas rumah korban,” kata Iptu Lusiyanto.

Ia menyebut, data sementara korban menyatakan kerugian material akibat kebakaran mencapai Rp100 juta. “Meskipun tidak ada korban jiwa, kehilangan menjadi pukulan berat bagi korban,” ujarnya.

Untuk mencegah kejadian serupa, Lusiyanto mengimbau masyarakat untuk secara rutin memeriksa instalasi listrik pada rumah tinggal, sehingga diketahui kendala instalasi.

“Melalui pemeriksaan rutin pada instalasi listrik di rumah tinggal. Diharapkan dapat mencegah terjadinya korsleting penyebab kebakaran,” tandasnya. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 635 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Calon Bupati Tanggamus Dewi Handajani Senam Akbar Bersama Ribuan Pendukung di Pugung

25 October 2024 - 21:30 WIB

Avanza Hantam Fuso di Tulang Bawang Barat, 3 Orang Meninggal Dunia

25 October 2024 - 18:44 WIB

Tekab 308 Presisi Polres Tulang Bawang Ringkus Pelaku Curat Kabel Milik PLN, AKP Indik: Residivis Pencurian Baterai Tower

25 October 2024 - 15:39 WIB

Panen Buah Sawit Tanpa Izin Perusahaan, 6 Warga Lampung Tengah Ditangkap

25 October 2024 - 13:41 WIB

Polisi Gadungan di Bandar Lampung Tipu Wanita, Curi HP dan Kuras Rekening

25 October 2024 - 09:40 WIB

Katim Relawan Jalan Lurus Ajak Masyarakat Tanggamus Pilih Paslon Hi Saleh Asnawi dan Agus Suranto

24 October 2024 - 21:43 WIB

Trending di Lampung