Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 30 Nov 2023 09:54 WIB ·

Rumah Tergenang Termasuk Sekolah, Tim Datakan Korban Banjir Bandang di Pematang Sawa Tanggamus


 Petugas kepolisian dan TNI membantu mengeluarkan barang-barang milik warga yang basah tergenang banjir di Pematang Sawa, Tanggamus, Kamis 30 Nopember 2023. (Edi Hidayat/Media Prioritas) Perbesar

Petugas kepolisian dan TNI membantu mengeluarkan barang-barang milik warga yang basah tergenang banjir di Pematang Sawa, Tanggamus, Kamis 30 Nopember 2023. (Edi Hidayat/Media Prioritas)

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Tim gabungan kepolisian dan pemerintah bersama warga melakukan evakuasi material banjir bandang yang menutup jalan di Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus, Kamis 30 Nopember 2023, pagi.

Mereka juga melakukan pendataan kerugian para korban yang rumahnya tergenang, sekolah tergenang, identifikasi jembatan ambrol serta memeriksa jalan alternatif agar lalu lintas tetap berjalan.

Berdasarkan keterangan Nanda, selaku masyarakat Pekon Betung mengatakan, banjir bandang terjadi sekitar pukul 01.30 WIB air meluap dari Sungai Muara Betung dengan ketinggian lutut orang dewasa.

“Hujannya sejak kemarin malam. Namun air mulai naik pukul stengah dua dinihari. Untuk rumah tergenang beberapa rumah,” kata Nanda.

Sementara itu, Kapolsek Pematang Sawa Ipda Arif Janto menyebut bahwa hingga saat ini masih dihimpun kerugian masyarakat, namun diketahui satu jembatan ambrol di pekon betung, jalan tertutup longsor di pekon tanjungan.

“Tidak ada kerugian jiwa, hanya motor terbawa banjir saat melintas di jembatan betung yang ambrol, korban mengakalami luka,” kata Ipda Arifjanto.

Ipda Arif menambahkan, jembatan pada jalan pekon betung tidak dapat dilalui kendaraan besar ambrol, pihaknya menyiapkan jalan alternatif untuk kendaraan kecil.

“Ada gang menjadi jalan alternatif, tetapi mobil besar tidak dapat melintas sebab jembatan alternatif juga tergerus banjir dengan pondasi menggantung,” tegasnya.

Ditempat sama, KUPT Kesehatan Pematang Sawa, Diana mengatakan, bahwa pihaknya akan mendirikan posko kesehatan bencana pada hari ini juga sebagai langkah percepatan penanganan warga terdampak. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 201 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tekab 308 Presisi Polres Tulang Bawang Ringkus Pelaku Curat Kabel Milik PLN, AKP Indik: Residivis Pencurian Baterai Tower

25 October 2024 - 15:39 WIB

Panen Buah Sawit Tanpa Izin Perusahaan, 6 Warga Lampung Tengah Ditangkap

25 October 2024 - 13:41 WIB

Polisi Gadungan di Bandar Lampung Tipu Wanita, Curi HP dan Kuras Rekening

25 October 2024 - 09:40 WIB

Katim Relawan Jalan Lurus Ajak Masyarakat Tanggamus Pilih Paslon Hi Saleh Asnawi dan Agus Suranto

24 October 2024 - 21:43 WIB

Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi 2024 di Purwakarta : ASN Diminta Perkuat Integritas 

24 October 2024 - 20:32 WIB

Prospek Budidaya Anggur di Pringsewu : Potensi Luas untuk Agrowisata dan Konsumsi

24 October 2024 - 20:09 WIB

Trending di Lampung