Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 2 Dec 2023 19:12 WIB ·

Kakon Kacapura Tanggamus Harap Bantuan Perahu Karet dan Normalisasi Satu Kilometer Sungai Menuju Laut


 Lokasi sungai yang membutuhkan normalisasi menuju muara di Pekon Kacapura, Semaka, Tanggamus. Foto : Edi Hidayat/Media Prioritas. Perbesar

Lokasi sungai yang membutuhkan normalisasi menuju muara di Pekon Kacapura, Semaka, Tanggamus. Foto : Edi Hidayat/Media Prioritas.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Paska hujan deras dan tanggul jebol yang menggenangi 200 rumah warga di Pekon Kacapura Kecamatan Semaka Kabupaten Tanggamus pada kemarin Jumat 1 Nopember 2023.

Menurut Kakon Kacapura, Faiqoturrahmah bahwa berdasarkan pemeriksaan lapangan, pemicu naiknya air ke pumikaman terdapat salah satu faktor yakni pendangkalan pada jarak 1 kilometer arah muara pantai.

“Jadi selain tanggul jebol, air yang akan masuk ke laut berbalik arah. Lantaran bagian bawah tidak di normalisasi,” kata Faiq sapaan akrabnya, Sabtu 2 Desember 2023.

Ia menyebut, di aliran sungai tersebut memang pernah dilakukan normalisasi sepanjang 2 km pada tahun 2021 pada bagian atas. “Paska diniormalisasi selama dua tahun lalu, air tidak naik,” ujarnya.

Atas tingginya potensi banjir di wilayah pekonnya yang kondisinya memang rendah, ia berharap pemerintah dapat memberikan batuan perahu karet, sehingga ketika banjir dapat mengevakuasi warga di Pedukuhan Ciamis Dusun 3 yang kondisinya paling rendah.

Selain itu, untuk jangka panjang pencegahan banjir, ia juga meminta segera dilakukan normalisasi sepanjang 1 kilometer, yang sebelumnya telah berkali-kali di survey.

“Harapannya, kami diberikan bantuan perahu karet dan segera mungkin normalisasi di arah bawah atau ke muara,” tandasnya. (Edi Hidayat)

Artikel ini telah dibaca 50 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Panen Buah Sawit Tanpa Izin Perusahaan, 6 Warga Lampung Tengah Ditangkap

25 October 2024 - 13:41 WIB

Polisi Gadungan di Bandar Lampung Tipu Wanita, Curi HP dan Kuras Rekening

25 October 2024 - 09:40 WIB

Katim Relawan Jalan Lurus Ajak Masyarakat Tanggamus Pilih Paslon Hi Saleh Asnawi dan Agus Suranto

24 October 2024 - 21:43 WIB

Rakor Pemberantasan Korupsi Terintegrasi 2024 di Purwakarta : ASN Diminta Perkuat Integritas 

24 October 2024 - 20:32 WIB

Prospek Budidaya Anggur di Pringsewu : Potensi Luas untuk Agrowisata dan Konsumsi

24 October 2024 - 20:09 WIB

Polda Lampung Gelar Pembinaan Penanggulangan dan Pencegahan Radikalisme-Intoleransi

24 October 2024 - 19:49 WIB

Trending di Lampung