Menu

Mode Gelap
 

Advertorial · 11 Jan 2024 23:41 WIB ·

Direktur Kepelabuhan Dirjen Hubla Kementerian Perhubungan RI Tinjau Pelabuhan Batu Balai Tanggamus


 Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Dampingi Direktur Kepelabuhan Kemenhub RI Tinjau Dermaga Batu Balai, Kamis 11 Januari 2024. Foto : Herdi/Herman/Media Prioritastv.com. Perbesar

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Dampingi Direktur Kepelabuhan Kemenhub RI Tinjau Dermaga Batu Balai, Kamis 11 Januari 2024. Foto : Herdi/Herman/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – Direktur Kepelabuhan Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI, Muhammad Masyhud, melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanggamus, Lampung pada hari Kamis, 11 Januari 2023. Kunjungan ini bertujuan untuk menindaklanjuti permintaan Pemerintah Kabupaten Tanggamus terkait percepatan operasional Pelabuhan Dermaga Batu Balai di Kecamatan Limau.

Rombongan, yang tiba di kantor Bupati Tanggamus sekitar pukul 12.45 WIB, disambut oleh Pejabat Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, beserta sejumlah pejabat daerah dan perwakilan instansi terkait, termasuk Kepala Dinas Perhubungan Lampung, Bambang Sumbogo.

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Dampingi Direktur Kepelabuhan Kemenhub RI saat Rapat di UPP Syahandar Kota Agung, Kamis 11 Januari 2024. Foto : Herdi/Herman/Media Prioritastv.com.

Dalam pemaparannya, Pajabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menyambut baik kunjungan tersebut. Dia menyampaikan selamat datang kepada rombongan, menjelaskan profil Kabupaten Tanggamus, yang memiliki luas daratan 2.855,46 km² dan luas wilayah laut (Teluk Semaka) 1.779,50 km². Kabupaten ini terdiri dari 20 kecamatan dengan 299 pekon dan 3 kelurahan, serta jumlah penduduk mencapai 630.720 jiwa per Desember 2023.

Mulyadi membeberkan, Teluk Semaka, satu dari dua teluk besar di Provinsi Lampung, memiliki panjang daerah pantai sekitar 202 km. Kabupaten Tanggamus memiliki potensi besar untuk pembangunan pelabuhan, yang diharapkan dapat menjadi alternatif pelabuhan komersial dan penyeberangan, menghubungkan Lampung dengan Pulau Jawa dan kawasan lain di Tanah Air.

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Dampingi Direktur Kepelabuhan Kemenhub RI Meninggalkan UPP Syahbandar Kota Agung, Kamis 11 Januari 2024. Foto : Herdi/Herman/Media Prioritastv.com.

Selanjutnya, Pelabuhan Batu Balai, yang terletak di jalan raya Ketapang, Kecamatan Limau, direncanakan sebagai pelabuhan yang dapat melayani aktivitas kegiatan skala lokal, regional, nasional, dan internasional. Dengan luas area sekitar 1.022 hektare, pelabuhan ini diharapkan dapat menjadi penyangga bagi Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni di masa depan.

Meskipun pelabuhan ini sudah dibangun, operasionalnya tertunda akibat beberapa hambatan. Pembangunan pelabuhan di Tanggamus diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah dengan membuka lapangan pekerjaan baru, memperluas peluang usaha, dan meningkatkan pemanfaatan sumber daya manusia.

Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Dampingi Direktur Kepelabuhan Kemenhub RI Tinjau Dermaga Batu Balai, Kamis 11 Januari 2024. Foto : Herdi/Herman/Media Prioritastv.com.

Direktur Kepelabuhan Muhammad Masyhud menyatakan harapannya agar pertemuan ini bukanlah yang terakhir. Ia menekankan pentingnya koordinasi dengan badan usaha terkait untuk memanfaatkan pelabuhan.

Setelah pemaparan, rombongan mengunjungi UPP Klas III Kotaagung, Pelabuhan Batu Balai Pekon Ketapang  Kecamatan Limau Kabupaten Tanggamus.

Foto Bersama Pejabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Dampingi Direktur Kepelabuhan Kemenhub RI di UPP Kelas 3 Syahbandar Kota Agung, Kamis 11 Januari 2024. Foto : Herdi/Herman/Media Prioritastv.com.

“Saya berharap ini tidak menjadi pertemuan pertama dan terakhir, sehingga kita bisa menuntaskan apa yang menjadi keinginan kita bersama,” kata Muhammad Masyhud.

Turut hadir dalam kunjungan ini sejumlah tokoh dan perwakilan perusahaan, antara lain General Manager PT Pelindo, yang diwakili oleh Manager Operasional Imam Rahmiyadi, Vice President Strategis PT Pertamina Faisal.  (Advertorial)

Artikel ini telah dibaca 333 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HUT TNI ke-79, AKP Bambang Sugiono dan Jajaran Berikan Kejutan Spesial kepada Koramil 424-04 Talang Padang

5 October 2024 - 18:39 WIB

Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI, Polres Tulang Bawang Berikan Surprise di Tiga Lokasi Berbeda

5 October 2024 - 14:52 WIB

Gruduk Kodim 0424, Kapolres Tanggamus Berikan Kejutan HUT ke-79 TNI

5 October 2024 - 14:21 WIB

Kejari Pringsewu Ucapkan Selamat HUT ke-79 TNI di Acara Syukuran Kodim 0424 Tanggamus

5 October 2024 - 12:13 WIB

Polsek Semaka Tanggamus Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Ciptakan Kondisi Aman

5 October 2024 - 08:46 WIB

Keresahan Peratin Lampung Barat Soal Fenomena Oknum Wartawan Tukang Peras

5 October 2024 - 07:53 WIB

Trending di Lampung