Menu

Mode Gelap
 

Lampung · 21 Sep 2024 21:51 WIB ·

Diikuti 245 Peserta dari 6 Kecamatan, KPU Tanggamus Orientasi Tugas dan Pembekalan PPS Pilkada 2024


 Orientasi dan Pembekalan PPS oleh KPU Tanggamus di Hotel Royal Gisting, Sabtu 21 September 2024 | Herdi/Media Prioritastv.com. Perbesar

Orientasi dan Pembekalan PPS oleh KPU Tanggamus di Hotel Royal Gisting, Sabtu 21 September 2024 | Herdi/Media Prioritastv.com.

Prioritastv.com, Tanggamus, Lampung – KPU Tanggamus menyelenggarakan hari terakhir orientasi tugas dan pembekalan bagi Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Hotel Royal Gisting. Acara ini dibuka secara resmi oleh Ketua KPU Tanggamus, Angga Lazuardy, sebagai bagian dari persiapan menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Bupati (Pilbub) 2024.

Dalam pembukaannya, Angga Lazuardy menekankan pentingnya netralitas dan integritas PPS dalam pelaksanaan tugas. Beliau mengingatkan agar seluruh anggota PPS tidak memihak kepada salah satu pasangan calon, baik dalam Pilgub maupun Pilbub.

“PPS harus bekerja secara jujur dan maksimal,” tegas Angga Lazuardy.

Pada kesempatan tersebut menjadi narasumber utama, Dr. Topan Indra Karsa, SH, MH, dari Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Provinsi Lampung, memberikan materi mengenai pentingnya tanggung jawab dalam pelaksanaan pemilu.

Ia menekankan bahwa meski manusia tempatnya salah, dalam penyelenggaraan Pilgub dan Pilbub, kesalahan harus dihindari sepenuhnya.

“Kabupaten Tanggamus harus menjadi contoh Pilkada yang bermartabat,” ujar Topan Indra Karsa, menekankan pentingnya integritas dalam setiap tahapan pemilihan.

Pesan terakhir acara, Dr. Topan Indra Karsa kembali menegaskan bahwa PPS dan seluruh penyelenggara pemilu memiliki peran penting sebagai “pahlawan demokrasi.” Dengan orientasi ini, KPU Tanggamus berharap PPS dapat bekerja maksimal dan menjaga netralitas dalam menghadapi Pilkada 2024.

Kepala Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM (Sosdiklih Parmas dan SDM) KPU Tanggamus, Amhani, menjelaskan bahwa orientasi ini diikuti oleh 245 peserta yang berasal dari 6 kecamatan yakni Kota Agung Barat, Pematang Sawa, Semaka, Bandar Negeri Semoung, Gisting dan Limau.

“Acara ini merupakan gelombang ketiga setelah sebelumnya dilaksanakan pada gelombang pertama dan kedua,” kata Amhani.

Amhani juga menambahkan bahwa PPS akan segera melaksanakan rekrutmen Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada periode 17 hingga 28 September 2024. KPPS adalah ujung tombak dalam pelaksanaan Pilkada yang dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

“Tugas utama PPS saat ini adalah menyaring dan menyeleksi KPPS yang akan bertugas pada hari ‘H’ Pilkada,” jelas Amhani.

Selain itu, Amhani juga mengingatkan pentingnya peningkatan kapasitas, komitmen, dan integritas bagi para anggota PPS agar mampu melaksanakan tugasnya dengan baik sesuai peraturan. (Herdi)

Artikel ini telah dibaca 43 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HUT TNI ke-79, AKP Bambang Sugiono dan Jajaran Berikan Kejutan Spesial kepada Koramil 424-04 Talang Padang

5 October 2024 - 18:39 WIB

Puncak Peringatan HUT Ke-79 TNI, Polres Tulang Bawang Berikan Surprise di Tiga Lokasi Berbeda

5 October 2024 - 14:52 WIB

Gruduk Kodim 0424, Kapolres Tanggamus Berikan Kejutan HUT ke-79 TNI

5 October 2024 - 14:21 WIB

Kejari Pringsewu Ucapkan Selamat HUT ke-79 TNI di Acara Syukuran Kodim 0424 Tanggamus

5 October 2024 - 12:13 WIB

Polsek Semaka Tanggamus Gelar Patroli Malam, Antisipasi Kejahatan dan Ciptakan Kondisi Aman

5 October 2024 - 08:46 WIB

Keresahan Peratin Lampung Barat Soal Fenomena Oknum Wartawan Tukang Peras

5 October 2024 - 07:53 WIB

Trending di Lampung