Menu

Mode Gelap
 

Bangka Belitung · 17 May 2023 18:08 WIB ·

Kapolda Babel : Polisi RW Garda Terdepan Polri Dalam Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat


 Kapolda Babel : Polisi RW Garda Terdepan Polri Dalam Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat Perbesar

Prioritastv.com, Bangka Belitung,- Polda Bangka Belitung menggelar Sosialisasi kepada Personil Polresta Pangkalpinang yang bertugas sebagai Polisi Rukun Warga (RW) pada Selasa (16/5/23) kemarin.

Sosialisasi yang digelar di Gedung Tribrata ini dibuka langsung oleh Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Yan Sultra didampingi Wakapolda Bangka Belitung Brigjen Pol Sugeng Suprijanto dan Kapolresta Pangkalpinang.

Dalam kegiatan ini juga turut dihadiri oleh beberapa Pejabat Utama Polda serta Wakapolresta Pangkalpinang dan Seluruh Personil Polresta Pangkalpinang dan Sat Binmas Polres Jajaran.

Pada sambutannya, Kapolda mengatakan bahwa Program Polisi RW yang diluncurkan oleh Kapolri untuk melayani masyarakat diwilayah Rukun Warga (RW) merupakan terobosan kreatif untuk menuju Polri yang Presisi.

Polisi RW ini, kata Kapolda kedepan bertugas mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan Security Assesment serta berkordinasi dengan Ketua RW setempat dan elemen masyarakat lainnya.

“Polisi RW ini tidak mengutamakan penegakkan hukum, tetapi lebih mencegah terjadinya gangguan kamtibmas dilingkungan masyarakat dengan lebih efektif,”kata Kapolda.

Kapolda menuturkan bahwa Polisi RW ini merupakan garda terdepan Polri dalam memberikan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta menjamin terpeliharanya kamtibmas.

Selain itu, lanjut Kapolda, Polisi RW ini merupakan jembatan dalam mendengarkan, menerima dan berempati terhadap keresahan, harapan dan permasalahan yang ada di masyarakat.

“Oleh karena itu, jaga nama baik institusi Polri dimata masyarakat, sehingga harus benar-benar fokus dalam mengayomi dan melayani masyarakat,”tutur Kapolda.

Lebih lanjut, jelang tahun Politik ini, Kapolda meminta agar seluruh Personil dapat menyiapkan Cooling System untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di masyarakat.

Ia juga menambahkan agar seluruh jajaran bersikap netral dan tidak terlibat dalam Politik Praktis.

“Saya tekankan agar bersikap netral dan tidak terlibat dalam Politik Praktis karena netralitas TNI Polri adalah kunci kesuksesan Pemilu dan menjadi atensi Bapak Presiden RI,”tegas Kapolda.

Terakhir, Jenderal Bintang Dua Polri ini berpesan agar dapat meningkatkan kordinasi dan sinergitas 3 Pilar Kamtibmas guna menciptakan situasi aman dan damai serta dapat meningkatkan deteksi dini sehingga potensi gangguan kamtibmas dapat diminimalisir.

Ia juga menambahkan agar Polisi RW tidak mengutamakan penegakkan hukum tetapi lebih mencegah terjadinya gangguan kamtibmas yang mungkin terjadi di masyarakat serta dapat menjaga kepercayaan masyarakat karena Polisi RW akan bersentuham langsung dengan masyarakat.

“Tanamkan kebanggan dan tanggung jawab sebagai Polisi RW karena ini menjadi salah satu terobosan menuju Polri Presisi dalam rangka memelihara situasi kamtibmas yang kondusif jelang tahun Politik 2024,”pesan Kapolda. (YogiVj)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Peringati Hari Jadi Ke 75 Polwan RI , Polwan Polda Babel Gelar Aksi Donor Darah

9 August 2023 - 12:32 WIB

Tim Voli Putri Babel Sukses Juara Grup Zona II Turnamen Voli Kapolri Cup 2023, Tak Terlepas 2 Pemain Dari Mahasiswi Unmuh Babel

8 August 2023 - 17:58 WIB

Polres Bangka Barat Berhasil Ungkap Kasus Ayah Cabuli Anak

17 May 2023 - 18:05 WIB

Dit Reskrimsus Polda Babel Limpahkan Tersangka Kasus Perjudian Online Higgs Domino Island Ke Kejaksaan

12 May 2023 - 02:29 WIB

Kawanan Pembobol Rumah Dibekuk Jatanras Polda Babel, 2 Pelaku Dilumpuhkan Timah Panas

11 May 2023 - 07:22 WIB

Residivis Curat Kembali Dibekuk Tim Jatanras Polda Babel, Satu Pelaku DPO

10 May 2023 - 03:00 WIB

Trending di Bangka Belitung

Sorry. No data so far.