Menu

Mode Gelap
 

Tulang Bawang · 19 May 2023 16:41 WIB ·

Polres Tulang Bawang Gelar Apel Besar Polisi RW, Berikut Tujuan dan Tugasnya


 Apel Besar Polisi RW di Ls
apangan Mapolres Tulang Bawang, Jum'at (19/05/2023). (Dok. Polres Tulang Bawang). Perbesar

Apel Besar Polisi RW di Ls apangan Mapolres Tulang Bawang, Jum'at (19/05/2023). (Dok. Polres Tulang Bawang).

Prioritastv.com, Tulang Bawang – Polisi Rukun Warga (RW) merupakan program yang menghadirkan Polisi di tiap-tiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara Polisi dan masyarakat.

“Polisi RW adalah anggota Polri berpangkat Bintara dan Perwira, yang merupakan pembina dalam hal menjaga kamtibmas di wilayah binaan kamtibmasnya diluar personel Bhabinkamtibmas, dan sekali dalam sepekan wajib mendatangi Ketua RW untuk mendengarkan, mencatat, menganalisa, serta menyelesaikan permasalahan yang ada,” kata Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, SIK, saat memimpin langsung Apel Besar Polisi RW di lapangan Mapolres setempat, Jum’at (19/05/2023).

Lanjutnya, Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung Polri di tiap RW, dalam artian seperti Liaison Officer (LO). Apabila tidak mampu mengatasi masalah yang ada sendiri, maka wajib meneruskan permasalahan yang dilaporkan warga ke Polsek atau Polres guna diselesaikan segera oleh Polsek atau Polres.

“Untuk Polres Tulang Bawang, Polda Lampung, telah menugaskan sebanyak 200 personelnya sebagai Polisi RW yang merupakan personel Polres dan Polsek jajaran. Mereka yang ditugaskan ini bukan merupakan personel Bhabinkamtibmas,” papar AKBP Jibrael.

Kapolres Tulang Bawang, AKBP Jibrael Bata Awi, saat Memberikan Arahan pada Apel Besar Polisi RW di lapangan Mapolres setempat, Jum’at (19/05/2023).

Menurut Kapolres, tujuan dibentuknya Polisi RW adalah untuk meningkatkan kinerja Kepolisian berbasis komunitas, dan bertugas menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat, serta memudahkan koordinasi dengan Ketua RW terkait gangguan kamtibmas.

“Polisi RW memiliki tugas pokok yang mulia yaitu wajib hadir dan memperkenalkan diri, serta tukar menukar nomor handphone (HP), lalu membuat WhatsApp Group (WA Grup) di RW setempat. Sehingga nantinya bisa mendengarkan saran, masukan, dan keluhan, serta mencoba mencari solusi atau meneruskan ke Polsek,” ucap perwira dengan melati dua dipundaknya.

Selain itu, Polisi RW juga melakukan penilaian keamanan di wilayah lingkungan binaannya, dan bertugas sekali dalam seminggu untuk turun langsung ke lingkungan dengan tugas-tugas rutin yang ditentukan oleh Mabes, Polda dan Polres.

Alumni Akpol 2001 ini menambahkan, kepada personel yang telah ditunjuk sebagai Polisi RW agar bisa menempatkan diri dan segera menyesuaikan dengan RW tempatnya bertugas. Selalu berkoordinasi dengan instansi terkait baik TNI terutama Babinsa dan Bhabinkamtibmas, juga dengan aparatur Kampung dan Ketua RW setempat. (Saripudin)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Polres Tulang Bawang Kerahkan Puluhan Personel Amankan Konser Literasi Digital Kominfo RI

25 May 2024 - 21:51 WIB

Polres Tulang Bawang Gelar Patroli dan Razia Perbatasan, Berikut Lokasi dan Sasaran Utamanya

24 May 2024 - 17:13 WIB

Polres Tulang Bawang Gelar Pojok Pilkada, AKBP James Jelaskan Tujuan Utamanya

23 May 2024 - 15:55 WIB

Polsek Banjar Agung Ungkap Kasus Pencurian di Salah Satu Kontrakan, Kompol Harahap: 4 Pelaku Dibekuk Dengan Peran Masing-Masing

22 May 2024 - 13:58 WIB

Div Humas Polri Gelar Literasi Kontra Radikal di Tulang Bawang, AKBP James: Terorisme Musuh Kita Bersama

21 May 2024 - 14:37 WIB

Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116, AKBP James: Siapa Yang Menguasai Teknologi, Dia Pula Yang Akan Menguasai Peradapan

20 May 2024 - 20:19 WIB

Trending di Lampung