Menu

Mode Gelap
 

Sekadau · 25 Jul 2023 12:25 WIB ·

Polres Sekadau Mengamankan Proses Mediasi Warga Nanga Mahap Dengan PT. MBJ


 Polres Sekadau Mengamankan Proses Mediasi Warga Nanga Mahap Dengan PT. MBJ Perbesar

Prioritastv.com, Sekadau, Kalbar – Polres Sekadau telah melakukan pengamanan dalam mediasi antara warga tiga desa dari Kecamatan Nanga Mahap dengan PT. Mahap Bhakti Jaya (MBJ) pada Senin (24/7/2023). Mediasi ini dilakukan dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Dalam mediasi ini turut hadir sejumlah pejabat, termasuk Kapolres Sekadau AKBP Suyono, Asisten II Kabupaten Sekadau Heronimus, Ketua DPRD Radius Effendi, Anggota DPRD Yodi Setiawan, Kadis DKP3, Kadis PUPR, Kapolsek, Camat, Danramil Nanga Mahap, manajemen PT. MBJ, Kades Tamang, Kades Engkulun, Kades Landau Kumpai, Ketua Serikat Buruh DPC Pelihka, perwakilan TBBR Nanga Mahap, dan perwakilan warga.

Ratusan personel kepolisian yang dipimpin oleh Kabag Ops Kompol Samsul Bakrie diberangkatkan dari Polres Sekadau menuju Kantor Bupati untuk memberikan perlindungan dan keamanan selama berlangsungnya mediasi.

Warga dari desa Engkulun, Tamang, dan desa Landau Kumpai mengungkapkan tuntutan mereka untuk memperkerjakan kembali TKH yang dirumahkan sejak tahun 2019. Normalisasi harian kerja sebanyak 24 hari dalam sebulan, pemberian gaji kepada TKH harus tepat waktu, serta pemberian BPJS ketenagakerjaan bagi TKH dan pembagian hasil plasma kepada pemilik lahan serta tuntutan lainnya. Namun hingga saat ini belum mendapatkan respons yang memadai, meski telah dilakukan beberapa kali mediasi sebelumnya.

Konflik ini bahkan mencapai puncaknya pada tanggal 2 Mei 2023 ketika masyarakat melakukan pemagaran kantor PT. MBJ sebagai bentuk protes terhadap masalah yang belum terpecahkan.

Setelah melalui dialog dan diskusi yang panjang antara kedua belah pihak, mediasi akhirnya berhasil mencapai kesepakatan pada pukul 16.30 WIB. Hasil kesepakatan tersebut kemudian dituangkan dalam berita acara bersama antara warga dan perusahaan, di Aula Kantor Bupati Sekadau.

Kapolres Sekadau, AKBP Suyono, mengharapkan bahwa mediasi ini dapat memberikan solusi yang adil bagi semua pihak. Ia juga mengapresiasi peran Pemerintah Kabupaten Sekadau dalam memfasilitasi mediasi ini.

“Kami pihak kepolisian berharap kesepakatan pada hari ini menjadi titik temu antara kedua belah pihak, diselesaikan dengan kepala dingin, kita saling menghormati dan menjaga keamanan umum secara bersama,” kata Kapolres.

Proses mediasi berlangsung dengan aman dan kondusif, dan setelah mediasi selesai, massa yang hadir secara tertib membubarkan diri dengan pengawalan dari aparat kepolisian Polres Sekadau. (Cs)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Safari Jum’at di Desa Seraras, Wakapolres Sekadau Sampaikan Pesan Kamtibmas

22 September 2023 - 21:13 WIB

Kecelakaan Lalu Lintas di Sekadau Kembali Menelan Korban Jiwa

22 September 2023 - 20:52 WIB

Polres Sekadau Konsisten Jalankan Program BAAS Untuk Turunkan Stunting

22 September 2023 - 20:02 WIB

Jelang Pemilu, Kapolsek Nanga Mahap Ajak Warga Jaga Harmoni dan Toleransi

22 September 2023 - 18:57 WIB

Satlantas Polres Sekadau Gencar Sosialisasikan Etika Berlalulintas kepada Pelajar

22 September 2023 - 11:29 WIB

Sering Melakukan Kekerasan, Seorang Pria di Sekadau Dipolisikan Istrinya

21 September 2023 - 20:00 WIB

Trending di Sekadau