Menu

Mode Gelap
 

Jawa Tengah · 11 May 2023 05:32 WIB ·

Dua Tahun, Aplikasi LIBAS Dekatkan Masyarakat Dengan Polri di Kota Semarang


 Perayaan Aplikasi Polisi Hebat Semarang (Libas), Rabu 10 Mei 2023. (Dok. Polda Lampung). Perbesar

Perayaan Aplikasi Polisi Hebat Semarang (Libas), Rabu 10 Mei 2023. (Dok. Polda Lampung).

Prioritastv.com, Jateng – Polrestabes Semarang merayakan hari ulang tahun kedua Aplikasi Polisi Hebat Semarang (Libas), Rabu (10/5).

Dari data yang diterima, ada lebih dari 134 ribu warga Kota Semarang kini telah mendownload program inovatif digital yang diproduksi oleh Polrestabes Semarang ini.

Pertama kali Aplikasi Libas diluncurkan dan diperkenalkan oleh masyarakat tepatnya pada 8 Mei 2021 atau tepatnya saat Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar baru menjabat sebagai Kapolrestabes Semarang selama empat bulan.

Dorongan terbitnya aplikasi Libas yaitu tertingginya angka kejahatan di Kota Semarang dibanding daerah lainnya di Jawa Tengah.

Pada pertengahan tahun 2020, dari 9.615 kejahatan di Jateng yang terbanyak berasal dari Kota Semarang yakni 1.554.

Setelah lounchingnya aplikasi Libas, Kota Semarang adalah kota besar di Indonesia yang memiliki angka kejahatan terendah dibanding kota besar lainnya di nusantara.Di aplikasi pelayanan masyarakat ini, terdapat sejumlah fitur untuk membantu penggunanya untuk mengatasi masalah yang membutuhkan kepolisian.

Fasilitas gratis yang bisa didapat mulai dari melaporkan gangguan ketertiban masyarakat, aksi kejahatan dan kegiatan masyarakat.

“Aplikasi Libas disiapkan oleh Polrestabes Semarang untuk memudahkan komunikasi antara masyarakat dengan kepolisian Polrestabes Semarang,” ujar Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar saat perayaan ulang tahun kedua aplikasi Libas di Mapolrestabes Semarang, Rabu (10/5).

Irwan mengatakan, program ini diluncurkan untuk mewujudkan implementasi pelayanan publik yang terintegrasi.

Sejumlah fitur di aplikasi Libas sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan dari Polrestabes Semarang.

“Ada pelayanan publik lokal provinsi, pelayanan publik lokal inisiasi Pemkot Semarang hingga pelayanan publik lokal inisiasi Polrestabes Semarang,” katanya.

Melalui Presisi Command Center (PCC) Polrestabes Semarang, aplikasi Libas juga bisa memantau aktivitas para personel dan kendaraan dinas.

“Ada juga panic button untuk pengguna yang membutuhkan pelayanan darurat, layanan Polri 110 dan layanan Tim Tebas,” paparnya.

Kini ada fitur terbaru di aplikasi Libas yaitu Kenita (Kentongan Digital Kota Semarang). Layanan ini bisa digunakan oleh pengguna untuk melaporkan kejahatan dan non-kejahatan di lingkup rukun tetangga (RT).

“Misal ada pencurian kemudian dikirimkan nanti informsi soal kejahatan akan langsung masuk ke command center. Jadi karena namanya berbasis RT tadi sinyal bukan hanya masuk ke polisi tapi masuk juga ke masyarakat yang sudah mendownload aplikasi itu,” bebernya.

Sementara itu, mewakili Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin mengucapkan banyak terima kasih kepada Polrestabes Semarang atas kontribusinya dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Semarang.

“Selamat ulang tahun untuk Polisi Hebat Semarang atau Libas. Kami berterima kasih atas kontribusinya selama ini,” katanya.

Iswar lalu melanjutkan bahwa dalam peraturan perundang-undangan masyarakat pada UU No 5 tahun 2014 tentang aparat instutisi negara terdapat poin penting.

Isi dari poin tersebut adalah sebagai penyelanggara kebijakan publik kuncinya adalah kolaborasi dan adaptasi

“Hal itu pun sudah dilakukan oleh Polrestabes Semarang. Pak Irwan sebagai Kapolres masuk langsung membuat aplikasi Libas laku Baru dua tahun sudah meningkat muncul fitur Kentongan Digital atau Kenita,” jelasnya.

Artinya menurut Iswar ini merupakan bentuk adaptasi dan kolaborasi yang dilakukan oleh Polrestabes Semarang.

Dia harap energi positif ini bisa terus dilanjutkan dan ada kerjasama yang jelas juga bersama Pemerintah Kota Semarang.

“Kalau ada kerjasama yang jelas kita bisa saling bersinergi dan saling membantu agar segalanya bisa semakin baik dan Semarang semakin hebat,” imbuhnya.

Dalam Acara tersebut, juga dilakukan potong tumpeng dan bedah buku yang berjudul “Layanan Polisi Dalam Genggaman (Jejak Inovatif Kombes Pol Irwan Anwar)”, dengan penulis Ilham Anwar.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sempat Beli Rokok, Apin Tinggal Motor Diatas Jembatan dan Diduga Terjun ke Sungai Plupuh Klaten Jawa Tengah

16 February 2024 - 19:10 WIB

Kecelakaan Maut Peserta Kampanye di Tol Sragen, 2 Orang Tewas dan 12 Terluka

4 February 2024 - 12:47 WIB

Polda Jawa Tengah Tangkap Lebih Satu Pelaku Penembakan Anggota Ormas Islam Brigade Umar Bin Khattab

29 January 2024 - 09:56 WIB

Polda Jateng Terjunkan Tim Khusus Ungkap Kasus Penembakan Anggota Ormas Islam Brigade Umar Bin Khattab

28 January 2024 - 22:33 WIB

Bawaslu Telusuri Rekaman Video Dugaan Pelanggaran Netralitas Pejabat Gubernur Jawa Tengah saat Sambut Prabowo, Ini Hasilnya ?

3 January 2024 - 20:33 WIB

Lima Bus Suporter PSS Sleman Diserang dan Dijarah di Semarang

4 December 2023 - 00:04 WIB

Trending di Jawa Tengah